Pengklasifikasian Arsip In-Aktif Berbasis Komputer Untuk Mempermudah Penyimpanan Arsip Di Bagian Humas : Studi Pada PT. Gudang Garam Kediri,

EstiWilis (2007) Pengklasifikasian Arsip In-Aktif Berbasis Komputer Untuk Mempermudah Penyimpanan Arsip Di Bagian Humas : Studi Pada PT. Gudang Garam Kediri,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan jaman, manajemen perkantoran merupakan suatu kebutuhan yang mendukung keberhasilan suatu organisasi atau instansi. Salah satu pekerjaan administrasi adalah mengirim dan menerima warkat, yang disebut dengan kearsipan. Kearsipan sebagai salah satu kegiatan dalam manajemen, suatu perkantoran merupakan salah satu hal yang sangat penting dan tidak mudah karena dalam manajemen tersebut diperlukan informasi yang teliti, tepat dan cepat. Arsip yang selama ini digunakan untuk memperlancar kegiatan perusahaan tidak lepas dari kegiatan pengklasifikasian arsip, karena pada dasarnya kegiatan klasifikasi arsip merupakan kegiatan pengelompokan arsip-arsip menurut masalahnya secara sistematis dan logis berdasarkan fungsi dan kegiatan masing-masing instansi atau perusahaan yang menghimpunnya tersebut. Berbicara mengenai pengklasifikasian arsip, kita dihadapkan pada masalah yang berkaitan dengan kelangsungan hidup suatu arsip. Tetapi kenyataan yang dapat kita lihat bahwa masih banyak perusahaan yang tidak memperhatikan pengklasifikasian arsip terutama arsip-arsip in-aktif. Memang arsip in-aktif sudah mulai menurun nilai gunanya, tapi jika ternyata arsip-arsip tersebut masih diperlukan lagi, hal ini akan menghambat penemuan kembali arsip. Pada Bagian Humas PT Gudang Garam Kediri belum menggunakan cara pengklasifikasian yang tepat yang disebabkan belum adanya kebijaksanaan dari pihak instansi untuk melakukan standarisasi pengklasifikasian. Dari populasi arsip yang telah diambil yaitu jumlah klasifikasi arsip dari semua bagian di bagian Humas setiap tahunnya ± 3000 arsip, sedangkan sampel penelitian yang diambil dari bagian Humas khususnya arsip yang berhubungan dengan masalah relasi perusahaan setiap tahunnya ± 320 arsip. Ternyata pengklasifikasian arsip pada bagian Humas tersebut masih menggunakan acuan sistem pengklasifikasian sebelumnya, sehingga menimbulkan beberapa permasalahan yaitu seperti sulit untuk menemukan kembali arsip. Untuk mengatasi masalah tersebut dengan memberi kode pengklasifikasian yang tepat, membuat daftar klasifikasi subyek berkode, penggolongan arsip secara jelas, serta perpanjangan jangka waktu penyimpanan arsip in-aktif dengan berbasis komputer yaitu menggunakan program Microsoft Access terutama data base sesuai dengan ketetapan yang ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/319/050702751
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Oct 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 03:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113437
[thumbnail of 050702751.pdf]
Preview
Text
050702751.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item