Kualitas Pelayanan Sebagai Salah Satu Usaha Meningkatkan Penjualan”, : Studi Pada Rumah Makan Kaliurang Malang.

AsriningrumSeptarini (2007) Kualitas Pelayanan Sebagai Salah Satu Usaha Meningkatkan Penjualan”, : Studi Pada Rumah Makan Kaliurang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumah Makan (RM) Kaliurang adalah rumah makan yang dirintis mulai tahun 1986 yang semula bernama Warung Simpang Kaliurang dan awalnya yang berlokasi di Jl. Letjen Sutoyo no 3A Malang, dan pada tahun 1991 pemilik rumah makan pindah ke Jl. Kaliurang no 44. penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk menegetahui pelaksanaan pelayanan yang dapat mempertahankan dan meningkatkan penjualannya. Jenis analisisi yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang disajikan yaitu data penjualan dari tahun 2001 sampai dengan 2006. untuk mengetahui peningkatan penjualan yang di alami RM Kaliurang. Data yang diperoleh melalui wawancara observasi langsung kepada pemilik rumah makan. Berdasarkan analisis, penjualan pada RM Kaliurang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Peningkatan ini salah satu penyebabnya adalah pelayanan RM Kaliurang yang memberikan kepuasan kepada pelanggannya. Baik pelayanan dalam pengantaran ( delivery ), kebersihan, kecepatan, ketanggapan, keuletan, para karyawan yang ramah dan kehalalan dalam masakan. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan penjualan baik dari nasi kotak, prasmanan, maupun rumah makan itu sendiri. Peningkatan setiap tahunnya diperkirakan rata-rata mencapai 2%. Hal ini selalu membuat semangat pihak RM Kaliurang untuk selalu berusaha untuk mempertahankan dan selalu meningkatkan penjualan. Dari hasil penelitian ini, untuk tetap mempertahankan dan untuk selalu meningkatkan penjualan, maka RM Kaliurang harus selalu memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan dalam pemenuhan kebutuhan para konsumen dan pelanggannya, dan selalu mendengarkan dan menindak lanjuti setiap saran dan kritik para konsumen untuk meningkatkan kualitas pelayanannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/302/050702734
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Nov 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113422
[thumbnail of 050702734.pdf]
Preview
Text
050702734.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item