Pelaksanaan Diversifikasi Produk Untuk Meningkatkan Volume Penjualan :Studi Pada PT. Kusuma Agro Wisata, Batu.

DhaniDrajatPrayogi (2007) Pelaksanaan Diversifikasi Produk Untuk Meningkatkan Volume Penjualan :Studi Pada PT. Kusuma Agro Wisata, Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Diversifikasi Produk juga diharapkan dapat mengatasi perubahan selera konsumen yang begitu cepat ditengah persaingan antar produsen yang semakin ketat dengan memberikan banyak alternative pilihan produk baru dan berkualitas kepada konsumen, maka hal ini akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi konsumen sebelum melakukan pembelian. Hal ini mengakibatkan pada saat sekarang cukup banyak perusahaan yang melaksanakan Strategi Diversifikasi Produk untuk mengatasi segala kendala yang dihadapi dalam persaingan produk di pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui pelaksanaan Diversifikasi Produk pada Kusuma Agro Wisata Batu dan 2). Untuk menganalisis seberapa besar peningkatan volume penjualan dengan adanya pelaksanaan Diversifikasi Produk pada Kusuma Agro Wisata Batu. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian explanatory, bertujuan untuk mencari dan mengumpulkan sejumlah data untuk mendapatkan suatu gambaran, fakta-fakta yang jelas tentang hubungan dan pengaruh diversifikasi produk terhadap penjualan. Data dikumpulan melalui Interview, Observasi/ pengamatan langsung dan Dokumentasi. Data dianalisis dengan Analisis korelasi dan Analisis regresi, yang selanjutnya dilakukan uji beda terhadap dua nilai rata-rata. Pada penelitian ini didapatkan hasil kuatnya hubungan antara diversifikasi produk dengan volume penjualan ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,973. Pelaksanan diversifikasi produk terhadap naik turunnya volume penjualan (KP = r) adalah positif 0,946 atau 94,60% dan sisanya yaitu 100% - 94,60% = 5,40% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dianalisis dalam penelitian. Nilai t 2 hitung sebesar –7,138, angka ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara volume penjualan sebelum dan setelah dilakukannya diversifikasi produk. Dari hasil analisis yang dilakukan maka disarankan perusahaan diharapkan dapat mendorong perusahaan dalam mengembangkan produk yang lebih baik, sehingga dimasa depan perusahaan dapat menghasilkan produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan dan memuaskan konsumen dan perusahaan harus lebih meningkatkan promosi produk yang didiversifikasikan. Hal ini sesuai dengan tujuan diversifikasi yaitu untuk memberikan berbagai alternatif pilihan bagi konsumen agar tidak bosan dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan, dan diversifikasi produk dapat meningkatkan penjualan. sebesar –7,138, angka ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara volume penjualan sebelum dan setelah dilakukannya diversifikasi produk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/300/050702732
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Nov 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 02:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113420
[thumbnail of 050702732.pdf]
Preview
Text
050702732.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item