DemasYudhaPratama (2007) Kontribusi Pengembangan Produk Terhadap Penjualan : Studi pada CV. Indah Cemerlang Singosari Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perusahaan kini semakin menyadari bahwa untuk dapat bertahan dari persaingan yang semakin ketat, tidak lagi mengandalkan satu macam produk dalam mempertahankan konsumen, melainkan menggunakan strategi pengembangan produk. Pengembangan produk menjadi sangat penting bagi perusahaan karena perusahaan dapat memasarkan produk yang baru dihasilkannya pada pasar yang juga baru. Pengembangan produk dilakukan oleh suatu perusahaan sebagai akibat dilaksanakannya pengembangan produk, sementara produk lama secara ekonomis masih dapat dipertahankan. Strategi ini diperlukan juga dalam rangka untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar dari suatu jenis produk tertentu dengan mengorbankan keuntungan dari jenis produk yang lain. Di dalam pengembnagan produk, umumnya perusahaan berusaha untuk menaikkan penjualan dengan cara mengembangkan produk yang diproduksi perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan CV. Indah Cemerlang singosari, Malang . Adapun fokus dari penelitian ini adalah mengenai pengembangan produk terhadap penjualan pada paving. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dengan melakukan pengamatan terhadap dat-data yang telah tersedia kemudian menguraikan dan mendeskripsikan kenyataan yang ada yang didasarkan pada hasil pengolahan data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sebelum pengembangan produk yang dilakukan oleh CV. Indah Cemerlang Singosari Malang ternyata penjualan sudah mengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan pengembangan produk dengan dihasilkannya dua produk baru ternyata mempunyai peran yang cukup besar dalam peningkatan penjualan hal ini dapat dilihat pada tahun 1999 dan 2000 yang terus mengalami peningkatan dari tahun 2001 sampai dengan tahun 2006. Selain itu pengembangan produk dilakukan sebagi respon atas permintaan masyarakat juga merupakan salah satu strategi dalam menghadapi perusahaan pesaing. Membaiknya kondisi perekonomian Indonesia dalam skala nasional dan semakin banyaknya konsumen yang membutuhkan paving yang turut berperan dalam meningkatnya penjualan. Dalam memasarkan produknya perusahaan menitik beratkan pada pemberian kaos, stiker, mengikuti pameran, memberikan kalender, atau pemasangan papan nama perusahaan baik dijalan atau didepan perusahaan itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2007/296/050702728 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 02 Nov 2007 00:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113415 |
Preview |
Text
050702728.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |