Hubungan Periklanan, Publisitas dan Promosi Penjualan terhadap Penjualan : Studi Kasus pada Hotel Sapta Nawa Gresik.

IreneKusumaDani (2007) Hubungan Periklanan, Publisitas dan Promosi Penjualan terhadap Penjualan : Studi Kasus pada Hotel Sapta Nawa Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan dalam mempertahankan dan meningkatkan penjualan produknya harus memiliki strategi untuk mempengaruhi dan meyakinkan konsumen supaya konsumen tertarik untuk menggunakan produk tersebut. Promosi merupakan salah satu strategi yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk memperkenalkan produknya yaitu dengan memberitahukan kebaikan produknya, membujuk dan mengingatkan para pelanggan untuk tetap menggunakan produk tersebut. Karena itu perusahaan harus melakukan strategi promosinya yaitu dengan memasang iklan, menyelenggarakan promosi penjualan, mengatur publikasi. Dengan adanya promosi diharapkan perusahaan dapat mencapai tujuan yaitu meningkatkan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan kegiatan promosi yang dilakukan oleh Hotel Sapta Nawa Gresik serta menganalisis hubungan antara variabel Periklanan, Publisitas dan Promosi Penjualan terhadap variabel Penjualan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, variabel-variabel yang dianalisis meliputi Biaya Periklanan (X 1), Biaya Publisitas (X2), Biaya Promosi Penjualan (X3) dan Penjualan (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara yaitu dengan wawancara langsung dengan pihak Hotel Sapta Nawa Gresik dan dokumentasi yaitu dengan memperoleh dokumen berupa data biaya-biaya promosi dan penjualan Hotel Sapta Nawa Gresik dalam kurun waktu 5 tahun (2001-2005). Sedangkan instrumen pengumpulan datanya menggunakan pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis Deskriptif, Analisis Korelasi Linear Berganda dan uji signifikansi dengan alpha 0,05 (5%). Berdasarkan hasil Analisis Korelasi Linear Berganda diketahui bahwa terdapat hubungan antara variabel biaya periklanan, publisitas dan promosi penjualan terhadap penjualan dengan korelasi sebesar 0,934 yang menandakan adanya hubungan yang sangat kuat dan signifikan, sedangkan masing-masing variabel yaitu biaya periklanan (X1) berkorelasi terhadap penjualan (Y) sebesar 0,757 yang menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan signifikan, biaya publisitas menunjukkan korelasinya terhadap penjualan (Y) sebesar 0,819 yang menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dan signifikan, sedangkan biaya promosi penjualan berkorelasi terhadap penjualan (Y) sebesar 0,871 yang menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Hotel Sapta Nawa Gresik menggunakan tiga alat promosi, antara lain: periklanan, publisitas dan promosi penjualan. Media promosi yang digunakan dalam periklanan antara lain: spanduk, brosur, papan reklame, buku pariwisata dan umbul-umbul. Media yang digunakan dalam publisitas meliputi pemberian sumbangan atau menjadi sponsorship pada kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh beberapa instansi di Kabupaten Gresik sedangkan dalam promosi penjualan Hotel Sapta Nawa Gresik menggunakan media pemberian diskon dan pemberian bingkisan (parsel). Dari hasil analisis penelitian skripsi ini dapat dikatakan bahwa promosi yang dilaksanakan oleh Hotel Sapta Nawa Gresik berhasil meningkatkan penjualan, diharapkan Hotel Sapta Nawa Gresik dapat mempertahankan kegiatan promosi yang sudah dilakukan dan diharapkan dapat menambah kegiatan promosi yang lain seperti promosi penjualan pribadi dan pemasaran langsung sehingga dengan memperluas jangkauan promosinya, sasaran konsumen dapat bertambah dan tujuan perusahaan untuk meningkatkan penjualan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/291/050702519
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Oct 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 02:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113410
[thumbnail of 050702519.pdf]
Preview
Text
050702519.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item