KarlinaRamadhani (2007) Faktor-Faktor Relationship Marketing yang mempengaruhi kepuasan pelanggan asuransi syariah : survai pada peserta PT. Asuransi Takaful keluarga cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persaingan yang kompetitif dalam memperoleh pangsa pasar, membuat perusahaan harus jeli dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan adalah menerapkan strategi relationship marketing , yaitu pengenalan setiap pelanggan secara lebih dekat dengan menciptakan komunikasi dua arah dengan mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dengan perusahaan. Dengan mengenal pelanggan dengan baik, maka perusahaan akan dengan mudah memahami dan mewujudkan segala kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggan, sehingga terciptalah kepuasan pelanggan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui faktor-faktor relationship marketing yang dipertimbangkan dan mempengaruhi kepuasan peserta asuransi syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap 91 orang responden yang merupakan peserta PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Malang selama bulan Februari 2007 sampai dengan bulan April 2007. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling . Penelitian ini menggunakan empat analisis data yaitu analisis deskriptif, analisis faktor, analisis regresi linier berganda, dan analisis regresi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 faktor yang dipertimbangkan dalam relationship marketing yang mempengaruhi kepuasan pelanggan asuransi syariah yaitu Komunikasi, Keuntungan Bersama, dan Komitmen. Kontribusi varian dari faktor-faktor relationship marketing yang terbentuk secara berurutan adalah 45,606% untuk faktor Komunikasi, 11,792% untuk faktor Keuntungan Bersama, dan 9,564% untuk faktor Komitmen. Ketiga faktor tersebut secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap variabel kepuasan peserta dengan koefisien korelasi sebesar 0,746, nilai F hitung sebesar 36,359, signifikansi 0,000 serta nilai koefisien determinan yang disesuaikan (R 2) sebesar 54,1 %. Ketiga faktor tersebut secara parsial juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan peserta. Faktor yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan peserta adalah faktor Komunikasi, dengan t hitung sebesar 8,681 dengan probabilitas sebesar 0,000.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2007/276/050702504 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 26 Oct 2007 00:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113396 |
Preview |
Text
050702504.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |