Penyusunan Budget Kas Guna Menjaga Likuiditas dan Meningkatkan Rentabilitas : Studi Kasus pada PT. PG. Kebon Agung (Persero) Surabaya.

EnyMaslamah (2007) Penyusunan Budget Kas Guna Menjaga Likuiditas dan Meningkatkan Rentabilitas : Studi Kasus pada PT. PG. Kebon Agung (Persero) Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada umumnya setiap perusahaan dalam menjalankan usahanya senantiasa memerlukan kas. Setiap perusahaan dalam kegiatan usahanya akan menghadapi masalah keuangan, dalam hal ini adalah kas. Oleh karena itu pengadaan kas sangat penting untuk diperhatikan dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Dari anggaran kas dapat diketahui kapan perusahaan mengalami surplus dan kapan mengalami defisit. Manajemen sebuah perusahaan harus dapat menjaga kestabilan keuangan perusahaannya agar selalu dalam kondisi yang sehat dan mampu mengantisipasi setiap keadaan yang dapat memberikan dampak negatif bagi perusahaan. Penelitian yang dilakukan penulis pada PT. PG. Kebon Agung (persero) Surabaya, bertujuan untuk mengetahui tentang pentingnya penyusunan budget kas guna menjaga likuiditas perusahaan sekaligus guna meningkatkan tingkat rentabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Untuk memenuhi tujuan penelitian, penulis melakukan analisis rasio keuangan yang terdiri dari analilis likuiditas, rentabilitas, solvabilitas dan aktivitas melalui laporan keuangan yaitu laporan rugi laba dan neraca tahun 2003-2005. Dari hasil analisis tersebut, perusahaan dihadapkan pada masalah penggunaan dana yang kurang efisien. Penggunaan dana dalam hal ini adalah biaya produksi dan non produksi serta pendapatan atas penjualan perusahaan sehingga berpengaruh terhadap pencapaian laba. Dengan penyusunan budget kas yang baik dan benar sangatlah membantu tugas manajemen dalam pengambilan keputusan. Dalam hal ini bila diketahui kapan dibutuhkan dana untuk menutupi kekurangan kas serta kapan dana dimanfaatkan jika terjadi kelebihan kas, dengan demikian dana yang ada akan dapat dimanfaatkan secara lebih efisien sehingga dapat menciptakan kelancaran proses produksi dan pada akhirnya laba yang diharapkan akan dapat tercapai. Saran yang dapat diberikan oleh penulis adalah perusahaan sebaiknya lebih meningkatkan produksi serta melakukan evaluasi terhadap penggunaan dana, sehingga dana yang dikeluarkan sesuai dengan perencanaan sebelumnya serta apabila terjadi penyimpangan dapat segera diatasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/261/050702489
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Nov 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 01:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113392
[thumbnail of 050702489.pdf]
Preview
Text
050702489.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item