Penerapan Target Costing dengan Menggunakan Cost Life Cycle untuk Melakukan Efisiensi Biaya : Studi kasus pada PT. Pesona Remaja.

Marni (2007) Penerapan Target Costing dengan Menggunakan Cost Life Cycle untuk Melakukan Efisiensi Biaya : Studi kasus pada PT. Pesona Remaja. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia bsinis yang semakin pesat yang di ikuti dengan perubahan lingkungan yang cepat, dinamis dan rumit menuntut perusahaan harus mampu bersaing dan mempertahankan perusahaannya agar tetap bertahan dan berkembang. Perusahaan harus dapat menciptakan daya saing dengan memiliki keunggulan produk. Perusahaan harus dapat bersaing tidak hanya dalam hal harga maupun fungsionalitas tetapi yang terpenting harus pula berpacu dalam hal efisiensi biaya. Untuk itu, perusahaan harus membangun struktur cost yang sehat sejak awal dan mengetahui berapa biaya yang di perlukan untuk pengembangan produk baru. Selain itu, perusahaan juga membutuhkan informasi yang relevan, tepat dan aktual sebagai pendukung dalam pengambilan keputusan yang strategis oleh manajemen. Target costing merupakan penentuan biaya yang di harapkan untuk suatu produk berdasarkan harga yang kompetitif ( target price ) sehingga produk tersebut dapat memperoleh laba yang di inginkan. Penerapan target costing pada PT. Pesona Remaja melibatkan analisis daur hidup produk untuk menghasilkan informasi tentang daur hidup produk celana panjang jeans wanita rata-rata 1 tahun untuk tiap modelnya, analisis pangsa pasar untuk menghasilkan informasi pesaing dan perkembangan pangsa pasar PT. Pesona Remaja di banding dengan pesaingnya, harga kompetitif dan terakhir melibatkan analisis laba yang di harapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan dampak dari target costing pada produk celana panjang jeans wanita PT. Pesona Remaja dengan menggunakan cost life cycle yang mampu memberikan informasi biaya produk (mulai dari pengembangan awal sampai pemasaran akhir) yang dapat di bebankan pada tiap produk sehingga dapat mencapai target biaya berdasarkan target price dan tetap dapat memperoleh laba yang di inginkan. Dari hasil penelitian di ketahui harga pasar ( target price ) celana panjang jeans wanita adalah Rp 188.360, sedangkan laba yang diharapkan masing-masing untuk tiap model adalah untuk model loose feet Rp 34.160, model capri Rp 32.655 dan model hipster Rp 35.394. Dari harga pasar ( target price ) dan laba yang diharapkan diperoleh target biaya untuk model loose feet Rp 154.200, model capri Rp 155.705, model hipster Rp 152.966. Dengan di terapkannya target costing pada PT. Pesona Remaja, biaya baru untuk model celana panjang wanita loose feet Rp 153.723, model capri Rp 155.535, model hipster Rp 152.701. Biaya yang baru tersebut ternyata di bawah target biaya sehingga dapat di terima dan di laksanakan pada periode yang akan datang. Selain itu, PT. Pesona Remaja dapat melakukan efisiensi biaya sebesar Rp 4.101 untuk model loos e feet , Rp 5.181 untuk model capri dan Rp 3.480 untuk model hipster. Dengan penerapan target costing di harapkan perusahaan memiliki keunggulan produk dalam hal biaya dan menciptakan produk yang menarik dengan harga yang mampu bersaing dan tetap mendapatkan laba yang di inginkan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/260/050702487
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Nov 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 01:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113390
[thumbnail of 050702487.pdf]
Preview
Text
050702487.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item