Pengaruh Penerapan Experiential Marketing Dimensi Relate Terhadap Kepuasan dan Niat Membeli Ulang : Survei pada Konsumen Generasi Muda McDonald’s Plaza Surabaya.

AangChunaifi (2007) Pengaruh Penerapan Experiential Marketing Dimensi Relate Terhadap Kepuasan dan Niat Membeli Ulang : Survei pada Konsumen Generasi Muda McDonald’s Plaza Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Paradigma Experiential Marketing muncul dari fakta impotennya pemasaran menggunakan pendekatan produk ( product oriented ) di tengah membludaknya penawaran aneka produk sejenis. Akhirnya, fitur dan benefit saja tidak berdaya membujuk konsumen di tengah supremasi merek, komunikasi dan teknologi informasi serta kebutuhan masyarakat terhadap hiburan dan rekreasi. Maka, pemasar pun menambahkan berbagai hal yang bisa memberikan pengalaman yang berkesan kepada konsumen ( memorable experience ). Experiential Marketing menawarkan hal baru tentang hbungan antara produk dan konsumennya. Demi mendekati, mendapatkan dan mempertahankan konsumen yang loyal, produsen perlu menghadirkan pengalaman-pengalaman yang unik, positif, dan mengesankan kepada knsumen. Permasalahan yang akan di kaji pada penelitian ini adalah apakah penerapan EXEM dimensi relate mempunyai pengaruh terhadap kepuasan dan niat membeli ulang, bagaimana pengaruh variabel-variabel EXEM dimensi relate baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan dan niat membeli ulang baik secara langsung maupun tidak langsung. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara EXEM dimensi relate terhadap kepuasan dan niat membeli ulang. Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan ( explanatory research ) yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah variabel Communications (X 1 ), variabel Visual Identity (X 2 ), variabel Product Presence (X 3 ), variabel Co-Branding (X 4 ), variabel Spatial Environment (X 5 ), variabel Web Site (X 6 ) dan variabel People (X 7 ), variabel antaranya adalah Kepuasan (Z), dan Variabel terikatnya adalah Niat Membeli Ulang (Y). Populasi penelitian adalah konsumen generasi muda usia 12-27 tahun McDonald’s Plaza Surabaya sejumlah 100 orang yang telah mengunjungi dan memesan menu-menu McDonald’s Plaza Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berisikan sumber data yang terdiri dari data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data yang terdiri dari kuisioner dan wawancara serta instrumen penelitian yang terdiri dari kuisioner dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan path analysis atau analisis jalur. Hasil penelitian dengan menggunakan path analysis data menunjukkan bahwa variabel X 1 , X 2 , X 3 , X 4 , X 5 , X 6 dan X 7 secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Kepuasan (Z) dan variabel Niat Membeli Ulang (Y). Namun secara parsial ada beberapa variabel yang memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap variabel Kepuasan (Z) dan variabel Niat Membeli Ulang (Y) baik secara langsung maupun tidak langsung. Variabel X 1 , X 2, X 3 , X 4 , X 5 , X 6 dan X 7 secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan dengan F hitung 32,589 lebih besar dari F tabel 2,111 dengan probabilitas 0,000 yang berarti mempunyai pengaruh pada taraf signifikansi sebesar 0,05, serta memberikan konstribusi 71,3% terhadap variabel Z secara langsung. Variabel X 1 , X 2

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/241/050702469
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Oct 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 01:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113377
[thumbnail of 050702469.pdf]
Preview
Text
050702469.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item