Audit Pemasaran sebagai Alat Pengendalian Strategis berdasarkan Strategic Marketing Plus 2000 : Studi pada PT. Asuransi Takaful Keluarga, cabang Surabaya.

FaridaAfriani (2007) Audit Pemasaran sebagai Alat Pengendalian Strategis berdasarkan Strategic Marketing Plus 2000 : Studi pada PT. Asuransi Takaful Keluarga, cabang Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap perusahaan perlu melakukan perencanaan pemasaran secara efektif dalam menghadapi situasi persaingan yang mengarah pada hypercompetition , sehingga perusahaan mampu beradaptasi dengan perubahan bisnis yang terus menerus terjadi. PT Asuransi Takaful Keluarga sebagai salah satu pemain dalam industri asuransi jiwa syariah dituntut agar bisa melakukan perencanaan pemasaran yang efektif sesuai dengan situasi persaingan. Salah satu metode yang bisa diterapkan oleh perusahaan agar selaras dengan kondisi persaingan adalah dengan melakukan Competitive Audit berdasarkan kerangka kerja Strategic Marketing Plus 2000. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas pemasaran yang dilakukan perusahaan sudah sesuai dengan situasi persaingan berdasarkan Strategic Marketing Plus 2000. Dalam audit ini memiliki dua profil yakni Competitive Setting profile dan Company Alignment Profile. Pertama, Competitive Setting Profile terdiri dari tiga faktor yakni Customer demand, Competitor dan Change Driver , dimana setiap faktor tersebut memiliki setiap dimensi dalam pengukurannya. Kedua, Company Alignment Profile yang merupakan strategi, taktik dan nilai pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan. Dengan menggunakan analisis kesenjangan maka kedua profil diperbandingkan. Hasil dari analisis ini dapat dipergunakan oleh perusahaan untuk mengevaluasi posisi persaingannya terhadap level persaingan di industri tersebut. Hasil dari analisis audit ini menunjukkan terjadinya kesenjangan antara Competitive Setting Index dengan Company Alignment Index yaitu sebesar 0,105 yang berarti terjadi kesenjangan positif. Kesenjangan positif menunjukkan bahwa pemasaran yang telah dilakukan perusahaan sudah lebih maju atau baik daripada situasi persaingan yang dihadapi. Walaupun dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kesenjangan positif, perusahaan diharapkan bisa meningkatkan usahanya menuju Customer Driven Company yang memberikan pelayanan khusus secara individual lewat produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/238/050702466
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Oct 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 01:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113375
[thumbnail of 050702466.pdf]
Preview
Text
050702466.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item