Peran Pemerintah Dalam Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) : Studi Tentang Pembangunan RTH dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Pada Pemerintah Kota Malang.

DiyahEkaSW, (2007) Peran Pemerintah Dalam Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) : Studi Tentang Pembangunan RTH dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Pada Pemerintah Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar semakin berkurangnya jumlah ruang terbuka Kota Malang terutama ruang terbuka hijau di kawasan perkotaan akibat proses pembangunan yang lebih mementingkan Pembangunan fisik yang berorientasi pada kepentingan ekonomis dibandingkan pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan generasi mendatang dan penyelarasan pembangunan dengan lingkungan seperti yang tertuang dalam konsep pembangunan berkelanjutan. Dengan semakin berkurangnya jumlah RTH diperlukan peranan pemerintah dalam pembangunan RTH di Kawasan perkotaan yang disertai dengan berbagai upaya yang mendukung pembangunan RTH tersebut. Dengan permasalahn di atas, penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan peranan pemerintah dalam pembangunan RTH di Kota Malang, untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan pemerintah Kota Malang guna mendukung pembangunan RTH kota Malang serta mengidentifikasi dan mendeskripsikan sebab-sebab terjadinya penurunan jumlah RTH yang ada di Kota Malang. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan interview, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan di Badan Perencanaan Kota dan Dinas Pertamanan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif Huberman, yang terfokus pada kegiatan analisis untuk menindaklanjuti data yang telah diproses dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peranan pemerintah Kota Malang dalam pembangunan RTH amatlah besar. Pemerintah menjalankan perannya dengan membuat kebijakan yang dituangkan dalam perda dan RTRW yang menetapkan luasan jumlah ideal RTH, melakukan perhitungan luasan ideal RTH Kota Malang yang pada kenyataannya jumlahnya masih belum ideal, memberikan arahan lokasi/ penempatan RTH di berbagai wilayah Kota Malang yang masih memiliki banyak kawasan belum terbangun dan arahan fungsi/manfaat dan jenis tanaman pengisi RTH Kota Malang untuk ditanam di berbagai bentuk RTH sesuai dengan fungsi dan manfaat dari masing-masing jenis tanaman agar tanaman RTH yang ada dapat berfungsi dengan baik dalam mendukung lingkungan perkotaan, pengelolaan RTH dilakukan dengan melakukan perawatan dan pemeliharaan pada taman kota. Dalam perawatan taman kota pemerintah melibatkan peran serta warga. Akan tetapi kegiatan pengelolaan pemerintah ini masih banyak menemui kesulitan seperti keterbatasan personel dan kesulitan penyediaan air. Selain itu penegakan hukum terhadap perusakan tanaman pengisi RTH atau terhadap RTH itu sendiri masih sangat kurang. Oleh karena itu pemerintah dalam melakukukan perawatan harus bisa melibatkan warga lebih banyak lagi dan melakukan penegakan hukum terhadap segala tindakan perusakan dengan lebih tegas seperti denda atau kurungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/178/050701824
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jul 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 01:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113366
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item