Pertanggungjawaban Hukum Pemilik Senjata Api Legal Yang Disalahgunakan Oleh Orang Lain Dalam Ketentuan Peraturan Perundang-Undangan Pidana Di Indonesia

Simanjuntak, Ferry Roni Wijaya (2016) Pertanggungjawaban Hukum Pemilik Senjata Api Legal Yang Disalahgunakan Oleh Orang Lain Dalam Ketentuan Peraturan Perundang-Undangan Pidana Di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis membahas tentang pertanggungjawaban pemilik senjata api legal yang disalahgunakan oleh orang lain dalam ketentuan peraturan perundang-undangan pidana di Indonesia. Hal ini dilatarbelakangi oleh belum adanya peraturan perundang-undangan pidana di Indonesia yang mengatur mengenai pertanggungjawaban pemilik senjata api yang disalahgunakan oleh orang lain. Padahal hal seperti ini telah pernah terjadi di Indonesia dan mengingat pemilik senjata api sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas senjata api miliknya, maka sudah sepantasnya pemilik senjata api bertanggung jawab secara hukum atas penyalahgunaan senjata api miliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji kewajiban pemilik senjata api legal dalam menjaga senjata api miliknya dan untuk menganalisis dan menguraikan pertanggungjawaban pidana pemilik senjata api legal yang disalahgunakan oleh orang lain dalam peraturan perundang-undangan pidana di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundangan-undangan (statue approach) dan pendekatan kasus (case approach). Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menarik kesimpulan telah terjadi kekosongan hukum terkait dengan pertanggungjawaban pemilik senjata api legal yang disalahgunakan oleh orang lain.

English Abstract

This essay, writer discusses about the responsibility of legal firearm owner who misused by others in the provisions of criminal law in Indonesia. This is backed by the lack of regulatory criminal law in Indonesia regulating firearms owners accountable misused by others. Though matter like this have been happened in Indonesia and remember the owner of fire arm as most party be in control of fire arm its property, therefore have as proper as owner of fire arm to responsible judicially for his firearm abuse. The purpose of this Research is to recognize and investigate the legal fire arm owner obligation in keeping of his firearm and to analyse and elaborate the criminal responsibility of legal fire arm owner who misused by others in law and regulation of crime in Indonesia. The research method used in this essay is a normative legal research methods with the statue approach and case approach. Based on these results, the authors conclude there has been a legal vacuum related to the responsibilities of owners of legal firearms were misused by others.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/449/051804109
Uncontrolled Keywords: Pertanggungjawaban, Pemilik Senjata Api, Peraturan Perundang- Undangan.
Subjects: 300 Social sciences > 348 Laws, regulations, cases > 348.598 Laws, regulations, cases (Indonesia)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Jun 2018 06:19
Last Modified: 23 Oct 2021 03:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11336
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item