Pelaksanaan Reformasi Administrasi Dalam Rangka Meningkatkan Efektivitas Kerja : Studi Pada Perum Pegadaian Kantor Cabang Jombang

ItaAprilia (2007) Pelaksanaan Reformasi Administrasi Dalam Rangka Meningkatkan Efektivitas Kerja : Studi Pada Perum Pegadaian Kantor Cabang Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adanya globalisasi membawa dampak pada munculnya era persaingan yang semakin ketat. Para pelaku ekonomi, termasuk Perum pegadaian harus mengantisipasi keadaan tersebut. Agar bisa tetap survive dalam kancah persaingan global, Perum Pegadaian Kantor Cabang harus menjalankan usahanya secara profesional. Profesionalisme ini dapat ditunjukkan dengan adanya perwujudan kinerja yang efektif. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan efektivitas kerja, Perum Pegadaian Kantor Cabang Jombang melaksanakan reformasi administrasi. Reformasi administrasi itu sendiri memiliki bahasan utama, yaitu perbaikan dimensi struktur organisasi dan perbaikan dimensi perilaku pegawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan reformasi pada Perum Pegadaian Kantor Cabang Jombang, yang meliputi tindakan reformatif yang dilakukan Perum Pegadaian Kantor Cabang Jombang dalam rangka meningkatkan efektivitas kerja, efektivitas kerja Perum Pegadaian Kantor Cabang Jombang setelah adanya reformasi administrasi, serta kendala yang dihadapi Perum Pegadaian Kantor Cabang Jombang dalam pelaksanaan reformasi administrasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif Miles dan Hubberman . Dimana analisis data tersebut difokuskan pada sebuah proses berkelanjutan, yang dimulai dari pengumpulan data sampai penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tindakan reformatif yang dilakukan Perum Pegadaian Kantor Cabang Jombang dalam rangka meningkatkan efektivitas kerja meliputi perbaikan dimensi struktur organisasi dan perbaikan dimensi perilaku pegawai. Perbaikan perilaku pegawai dilakukan melalui upaya peningkatan disiplin kerja pegawai, peningkatan kualitas sumber daya pegawai serta peningkatan kesejahteraan pegawai. Efektivitas kerja Perum Pegadaian Kantor Cabang Jombang setelah adanya reformasi administrasi, oleh peneliti ditinjau dari kriteria yaitu kepuasan nasabah, produktivitas, dan perolehan laba. Dan hasilnya, Perum Pegadaian Kantor Cabang Jombang telah menunjukkan kinerja yang cukup efektif. Kendala yang dihadapi Perum Pegadaian Kantor Cabang Jombang dalam pelaksanaan reformasi administrasi meliputi masalah sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dan partisipasi masyarakat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan reformasi administrasi pada Perum Pegadaian Kantor Cabang Jombang membawa dampak pada efektivitas kerja yang semakin meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kepuasan nasabah, produktivitas dan laba yang semakin meningkat. Penulis juga memberikan beberapa saran yang diharapkan dapat bermanfaat bagi perbaikan kinerja Perum Pegadaian Kantor Cabang Jombang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/111/050701237
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 May 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 15:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113334
[thumbnail of 050701237.pdf]
Preview
Text
050701237.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item