AriefWidayanto (2007) Penerapan bauran promosi untuk meningkatkan tingkat hunian kamar : Studi pada hotel Kusuma Agrowisata Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Promosi sangat penting bagi setiap perusahaan mengingat adanya kemungkinan persaingan yang semakin marak dari perusahaan-perusahaan lainnya.Promosi merupakan arus informasi/persuasi satu atau dua arah yang dilaksanakan untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Promosi dilakukan untuk menginformasikan, mempengaruhi, dan mengingatkan konsumen akan produk atau jasa perusahaan. Kegiatan promosi meliputi empat kegiatan yaitu , periklanan (advertising) , hubungan masyarakat (public relation), penjualan pribadi (personal selling), serta promosi penjualan (sales promotion) yang semuanya merupakan komponen-komponen promosi yang sering disebut sebagai bauran promosi/ promotional mix . Kegiatan promosi ditujukan dalam rangka meningkatkan penjualan perusahaan. Pertumbuhan penjualan akan selalu meningkatkan sejauh mana pelaksanaan promosi didasarkan pada perencanaan yang dapat mencapai sasaran serta dilakukan secara terus-menerus. Maka pelaksanaan harus didasarkan pada kesesuaian produk atau jasa, pasar sasaran dan media yang dipilih. Dalam usaha untuk meningkatkan hunian kamar, perusahaan harus mengetahui bagaimana bauran promosi dapat diterapkan untuk meningkatkan hunian kamar hotel yang ada. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji lebih dalam mengenai penerapan promotional mix untuk meningkatkan hunian kamar pada Hotel Kusuma Agrowisata Batu . Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian deskriptif, dimana nantinya akan diperoleh gambaran yang sesuai dengan keadaan yang beracuan pada perumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan promotional mix yang dilakukan oleh pihak Hotel Kusuma Agrowisata Batu adalah periklanan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, dan promosi penjualan. Untuk periklanan mulai dari penggunaan brosur, kalender, spanduk, surat kabar sampai dengan radio, televisi dan internet. Untuk penerapan hubungan masyarakat mulai dari publikasi, events , dan sponsorship . Untuk penerapan penjualan pribadi dimana dari menyusun rencana kegiatan pemasaran, melakukan kunjungan marketing, dan berkomunikasi langsung kepada konsumen. Penerapan promosi penjualan yang dilakukan dengan memberikan paket harga, sampel, hadiah, serta potongan harga dan hadiah loyalitas langganan. Jika dihubungkan dengan room occupancy ratio maka diketahui dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Kenaikan terbesar pada tahun 2005 sebesar 11, 8%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2007/103/050701229 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 31 May 2007 00:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 15:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113329 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |