DavidAgusAbidin (2007) Pengaruh strategi saluran distribusi terhadap keputusan pembelian : survei pada konsumen Apha Cell Blimbing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah hubungan dan pengaruh secara bersama-sama dan secara parsial antara konsep strategi saluran distribusi yang terdiri dari variabel afeksi dan kognisi counter, perilaku counter, dan lingkungan counter terhadap keputusan pembelian pada konsumen Counter Apha Cell Blimbing Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan menggunakan kuesner sebagai alat pengumpul data dan mengambil sampel responden sebanyak 80 orang yang merupakan konsumen konsumen Counter Apha Cell Blimbing Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Linier Time Function. Berbekal pada teorisasi tentang perilaku konsumen, selanjutnya diturunkan dua buah konsep yaitu konsep strategi saluran distribusi yang terdiri dari tiga variabel bebas yaitu variabel afeksi dan kognisi counter, perilaku counter, dan lingkungan counter dan konsep kedua adalah konsep keputusan pembelian yang terdiri dari satu variabel yaitu variabel struktur keputusan pembelian yang merupakan variabel terikat. Selanjutnya diuji hipotesis bahwa terdapat hubungan dan pengaruh secara bersama-sama dan secara parsial antara variabel afeksi dan kognisi counter, perilaku counter, dan lingkungan counter terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda dapat diketahui bahwa variabel afeksi dan kognisi counter, perilaku counter, dan lingkungan counter mampu menjelaskan struktur keputusan pembelian secara bersama-sama. Hal ini ditunjukkan oleh angka korelasi berganda (R) sebesar 0,824 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,679 atau 67,9 % dengan probabilitas (p) 0,000, sedangkan pengaruh secara parsial dari variabel afeksi dan kognisi counter, perilaku counter, dan lingkungan counter menunjukkan pengaruh yang signifikan. Dalam penelitian ini ditemukan pula bahwa diantara variabel bebas yang mempunyai pengaruh yang dominan adalah variabel afeksi dan kognisi counter yang ditunjukkan oleh nilai B sebesar 0,420 atau 42%. Temuan dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa kajian tentang strategi saluran distribusi, aspek psikologis dan keputusan pembelian konsumen pada Apha Cell Blimbing sesuai dengan dasar-dasar teoritis. Atas temuan yang dicapaidisarankan kepada pihak Apha Cell Blimbing untuk tetap memperhatikan strategi saluran distribusi yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian agar konsumen tetap dan selalu berkeinginan untuk melakukan pembelian, serta menggali secara terperinci strategi-strategi lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2007/050703116 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id |
Date Deposited: | 26 Nov 2007 00:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 15:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113319 |
Preview |
Text
050703116.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |