AnakAgungAyuKetutTitiHertinaOctavia (2007) Suatu studi mengenai Peranan Internal Humas dalam meningkatkan gairah kerja karyawan pada Bentoel Medical Centre yang terletak di Jalan. Niaga No.25 Janti Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Setiap perusahaan berusaha untuk meningkatkan gairah kerja karyawannya dengan memainkan peranan Internal Humasnya yang bertujuan untuk mencapai kegairah kerja karyawan. Walaupun mencapai gairah kerja itu tidak mudah, namun Humas sebagai badan perusahaan yang memperhatikan karyawan harus dapat mencari celah untuk menemukan apa yang bisa membantu karyawan dalam meningkatkan gairah kerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peranan Internal Humas dalam meningkatkan gairah kerja karyawan dengan memperhatikan kebutuhan dan membangun komunikasi antar karyawan dan antara karyawan dengan atasan. Keberadaan praktisi Humas sangat penting dalam sebuah perusahaan, sebagai fungsi komunikasi Humas berpengertian sebagai state of being dan sebagai method of communication. Dalam kedua pengertian ini Humas membangun komunikasi dengan publik dan dengan karyawan perusahaan. Tipe penelitian yang digunakan dalam penenlitian ini adalah Deskriptif. Data dianalisis dari informasi dan hasil wawancara, serta dokumen resmi terkait dengan perusahaan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dengan program Internal Humas dan peranan Internal Humas berpengaruh terhadap gairah kerja karyawan. Dengan adanya penerbitan buletin dan juga dengan program tahunan yang telah direncanakan menjadi tugas Internal Humas dalam meningkatkan gairah kerja karyawan yang berada di perusahaan. Karyawan merasa terkait dengan kegiatan Bentoel Medical Center ketika diadakannya pertemuan yang berfungsi untuk mendengarkan keluh kesah dan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi dari setiap karyawan, lalu dicari jalan keluar yang tidak mengganggu karyawan dalam melaksanakan tugas-tugsanya. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi merupakan hal yang penting dan harus ada dari praktisi Humas, dan seorang Humas harus dapat menjadi seorang komunikator yang baik untuk semua golongan karyawan dan juga untuk atasannya. Dengan adanya komunikasi, sangat jarang ditemukan permasalahan yang dapat menimbulkan ketidak puasan dari karyawan terhadap perusahaan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2007/050703044 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id |
Date Deposited: | 20 Nov 2007 00:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 15:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113308 |
Preview |
Text
050703044.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |