Upaya Pemerintah Desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik : studi pada Kantor Kepala Desa Dasri Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi

DwiZendySetiawan (2007) Upaya Pemerintah Desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik : studi pada Kantor Kepala Desa Dasri Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang atau instansi tertentu untuk memberikan bantuan dan kemudahan kepada masyarakat dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pelayanan publik dan upaya-upaya yang dilakukan serta faktor-faktor penghambat yang dihadapi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kantor Kepala Desa Dasri. Manfaat secara praktis diharapkan dapat memberi sumbangan pemikiran kepada instansi terkait guna bahan pertimbangan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Jenis penelitian kualitatif ini dilakukan di Kantor Kepala Desa Dasri Banyuwangi. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan kepala desa serta perangkatnya dan data skunder berupa arsip atau dokumen yang dimiliki oleh kantor desa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melaksanakan interview, observasi non partisipatif dan dokumentasi. Analisa data dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa upaya dalam peningkatan pelayanan sudah sesuai dengan apa yang di harapkan. Hal ini ditunjukkan dengan keadaan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Kantor Kepala Desa Dasri dalam kondisi masih baik, tanggung jawab pegawai terhadap tugas yang diembannya cukup baik, tingkat keramahan dan kesopanan pegawai tidak perlu diragukan, serta ketepatan waktu pelayanan yang diberikan sudah cukup baik dan cepat. Faktor-faktor yang menghambat dalam peningkatan kualitas pelayanan adalah pendidikan non formal yang diterima para aparat masih sangat kurang, sarana dan prasarana yang ada masih sederhana, tingkat kedisiplinan aparatur masih ada beberapa yang kurang disiplin tetapi frekuensinya kecil, masa kerja Berdasarkan penelitian ini disarankan, dalam usaha memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat di Kantor Kepala Desa Dasri diperlukan adanya penataan sistem dan prosedur yang lebih jelas dan mudah untuk diketahui oleh masyarakat luas. Hal ini perlu dilakukan karena sistem dan prosedur yang sederhana, jelas, pasti, transparan, aman, ekonomis, adil dan merata serta tepat waktu sangat dibutuhkan oleh masyarakat dewasa ini Perlu diadakan berbagai macam pendidikan non formal bagi para pegawai Kantor Kepala Desa Dasri, terutama mengenai peningkatan ketrampilan dari para pegawai tersebut dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga mutu pelayanan yang dihasilkan bisa lebih berkualitas dan akhirnya bisa mendatangkan kepuasan dari masyarakat yang dilayani.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/050702966
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 14:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113300
[thumbnail of 050702966.pdf]
Preview
Text
050702966.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item