Kinerja Aparat Pemerintah Kecamatan Lowokwaru dalam memberikan Pelayanan Publik : studi pada Pelayanan KTP dan KSK di Kantor Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

AryWibawa (2007) Kinerja Aparat Pemerintah Kecamatan Lowokwaru dalam memberikan Pelayanan Publik : studi pada Pelayanan KTP dan KSK di Kantor Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecamatan diberikan kewenangan yang lebih luas untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan diberikannya kewenangan yang lebih luas kepada kecamatan seharusnya kinerja aparat kecamatan dalam memberikan pelayanan publik menjadi lebih baik yang pada akhirnya akan menghasilkan kualitas pelayanan yang baik pula. Dari waktu ke waktu tuntutan kebutuhan masyarakat yang beraneka ragam tidak hanya meningkat dalam jumlah saja, namun dalam hal mutu pun telah menjadi keinginan masyarakat dewasa ini. Oleh karena itu, pembangunan kecamatan harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang ditandai dengan kemudahan kecepatan, kewajaran, dan kepuasan masyarakat atas bentuk pelayanan yang diberikan. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan kinerja aparat Pemerintah Kecamatan dalam memberikan pelayanan publik pada pelayanan KTP dan KSK di Kantor Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja aparat Pemerintah Kecamatan dalam memberikan pelayanan publik. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan analisa data menggunakan pendekatan kualitatif, yang mana digunakan untuk menggambarkan secara tepat fenomena yang terjadi di Kantor Kecamatan Lowokwaru Kota Malang sehubungan dengan kinerja aparat Pemerintah Kecamatan dalam memberikan pelayanan publik. Adapun lokasi penelitiannya adalah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dengan situs penelitian di Ruang Kantor Kecamatan Lowokwaru meliputi Ruang kerja Camat, Ruang kerja Sekretaris Camat, Ruang kerja Kepala Seksi Dan Ruang Data/Arsip. Dan yang menjadi fokus dalam skripsi ini adalah kinerja aparat pemerintah kecamatan dalam memberikan pelayanan publik pada pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Susunan Keluarga (KSK) yang meliputi proses pelaksanaan pelayanan serta hasil kerja pelayanan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja aparat dalam memberikan pelayanan publik. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa Kinerja aparat pemerintah Kecamatan dalam memberikan pelayanan publik pada pelayanan KTP dan KSK di Kantor Kecamatan Lowokwaru secara umum telah baik, ini bisa dilihat dari, pertama, proses pelaksanaan tugas yang jelas, yang didalamnya mengatur dan memuat persyaratan, prosedur pelayanan, biaya atau tarif yang jelas dan transparan sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 10 Tahun 2002 Tentang Retribusi Pelayanan Akta Catatan Sipil Dan Pendaftaran Penduduk. Akan tetapi waktu penyelesaian masih belum sesuai dengan Perda, yang disebabkan oleh adanya faktor penghambat proses pelayanan yakni sarana peralatan dan perlengkapan kantor yang tidak memadai seperti komputer beserta perangkatnya. Yang kedua, dilihat dari kepuasan masyarakat atas hasil kerja pelayanan yang rapi, teliti dan pelayanan yang ramah tamah dari aparat Kantor Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Tingkat pendidikan aparat yang rata-rata Sarjana, tingginya masa kerja yang berpengaruh terhadap pengalaman kerja aparat dan kedisiplinan aparat yang cukup baik terhadap ketaatan jam kerja kantor maupun ketaatan dan kepatuhan yang berupa perintah atau instruksi dari atasan merupakan faktor-faktor yang mendukung kinerja aparat pemerintah Kecamatan Lowokwaru dalam memberikan pelayanan publik. Sedangkan keterbatasan sarana peralatan dan perlengkapan yang dimiliki Kantor Kecamatan Lowokwaru menjadi faktor yang menghambat kinerja aparat dalam memberikan pelayanan publik. Hendaknya segera merealisasikan penambahan jumlah sarana peralatan dan perlengkapan. Idealnya setiap Seksi memiliki komputer beserta perangkatnya. Sedangkan pada Seksi Pemerintahan hendaknya segera menambah jumlah komputer beserta perangkatnya, mengingat banyaknya pekerjaan yang membutuhkan komputer yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat. Serta juga penambahan jumlah personil untuk pelayanan KTP dan KSK. Sehingga penyelenggaraan pelayanan publik akan menjadi semakin baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/050702496
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 14:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113279
[thumbnail of 050702496.pdf]
Preview
Text
050702496.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item