Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian : Survei pada Multi Level Marketing (MLM) Tianshi Jaringan Grup Awan Rustiawan di Banyuwangi.

BebiAhmedJoPical, (2007) Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian : Survei pada Multi Level Marketing (MLM) Tianshi Jaringan Grup Awan Rustiawan di Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berbagai macam cara dalam bauran promosi dapat digunakan oleh perusahaan melalui pemasar untuk mempromosikan maupun menjual produknya kepada konsumen, salah satunya adalah dengan personal selling (penjualan pribadi). Personal Selling adalah suatu hubungan atau interaksi langsung secara bertatap muka yang dilakukan oleh tenaga penjualan dengan konsumen untuk melaksanakan penjualan. Pada MLM Tianshi kegiatan personal selling dilakukan oleh para distributor independen melalui kunjungan dan presentasi tanpa ada campur tangan langsung dari pihak perusahaan. Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana hubungan personal selling dengan keputusan pembelian, bagaimana pengaruh variabel-variabel personal selling secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian, variabel manakah yang dominan pengaruhnya dari personal selling terhadap keputusan pembelian. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara personal selling dengan keputusan pembelian, untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel personal selling terhadap keputusan pembelian, dan untuk mengetahui variabel yang dominan pengaruhnya dalam personal selling terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan ( explanatory research ) yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah variabel kunjungan (X 1 ) dan variabel presentasi (X 2 ), sedangkan variabel terikatnya adalah variabel pembelian produk (Y). Populasi penelitian adalah MLM Tianshi anggota jaringan grup Awan Rustiawan di Banyuwangi sejumlah 34 orang yang telah membeli produk Tianshi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berisikan sumber data yang terdiri dari data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data yang terdiri dari kuisioner dan wawancara serta instrumen penelitian yang terdiri dari kuisioner dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana, analisis korelasi linier berganda, analisis regresi sederhana, analisis regresi linier berganda dan analsis regresi parsial. Hasil penelitian dengan menggunakan kelima analisis data menunjukkan bahwa variabel X 1 dan X 2 secara simultan maupun parsial memiliki tingkat hubungan ”sedang” terhadap variabel Y. Variabel X 1 dan X 2 secara simultan dan parsial memiliki pengaruh positif yang signifikan serta memberikan konstribusi 35,6% terhadap variabel Y. Variabel yang paling dominan pengaruhnya dalam mempengaruhi keputusan pembelian adalah variabel kunjungan (X 1 ) ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 2,214 yang lebih besar dari variabel presentasi dengan probabilitas sebesar 0,034 (p < 0,05). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa variabel kunjungan memiliki pengaruh yang paling besar terhadap keputusan pembelian. Hal ini harus dipahami karena kegiatan yang dilakukan paling awal oleh distributor independen Tianshi dalam kegiatan personal selling nya adalah dengan melakukan kunjungan terhadap calon konsumen, setelah itu barulah kegiatan selanjutnya yaitu mengundang konsumen ke acara presentasi dapat dilakukan. Walaupun variabel kunjungan merupakan variabel yang dominan bukan berarti bahwa variabel presentasi tidak memiliki pengaruh dalam keputusan pembelian konsumen karena dengan kegiatan presentasi konsumen akan mendapat lebih banyak informasi tentang Tianshi dan produknya serta dapat mendengar langsung kesaksian dari konsumen Tianshi yang telah merasakan khasiat dari produk yang telah mereka konsumsi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/050701895
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Aug 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 14:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113232
[thumbnail of 050701895.pdf]
Preview
Text
050701895.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 050701895.pdf]
Preview
Text
050701895.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item