Pemungutan Pajak Restoran Refleksi atas Implementasi Rencana Strategis Dinas Pendapatan Kabupeten Malang : studi kasus Kecamatan Dau dan Kecamatan Karangploso

FandiAchmad (2007) Pemungutan Pajak Restoran Refleksi atas Implementasi Rencana Strategis Dinas Pendapatan Kabupeten Malang : studi kasus Kecamatan Dau dan Kecamatan Karangploso. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha dalam bidang jasa khususnya makanan merupakan usaha yang banyak diminati oleh pelaku usaha karena makanan merupakan salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat. Minat pelaku usaha cukup besar dan meningkat sehingga tingkat persaingan semakin ketat, oleh karena itu setiap pelaku usaha harus memiliki keunggulan tersendiri. Salah satu cara yang paling efektif ialah melalui kualitas pelayanan untuk mencapai kepuasan konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan kualitas pelayanan (X) yang terdiri dari variabel kehandalan (X 1 ), daya tanggap (X 2 ), jaminan (X 3 ), empati (X 4 ), bukti fisik (X 5 ) sebagai variabel bebas dan kepuasan konsaumen (Y) sebagai variabel terikat. Sampel yang digunakan berjumlah 75 orang dengan menggunakan Accidental Sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Penelitian ini dilakukan pada rumah makan Malibu Steak di Jalan Terusan Kawi No. 6C-6D Malang. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel kehandalan (X 1 ), daya tanggap (X 2 ), jaminan (X 3 ), empati (X 4 ) dan bukti fisik (X 5 ) berpengaruh secara simultan terhadap tingkat kepuasan konsumen (Y). Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 29,316 dengan probabilitas sebesar 0,000 yang nilanya lebih kecil dari α = 0,05. besarnya konstribusi variabel kehandalan (X 1 ), daya tanggap (X 2 ), jaminan (X 3 ), empati (X 4 ) dan bukti fisik (X 5 ) terhadap tingkat kepuasan konsumen (Y) yang ditunjukkan dengan nilai adjusted R square sebesar 0,657 atau 65,7%. Dalam penelitian ini diketahui pula bahwa variabel daya tanggap (X 5 ) mempunyai t hitung paling besar yaitu 2,399 dan koefisien regresi sebesar 0,263 sehingga variabel daya tanggap (X 5 ) memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen (Y). Dimensi kualitas pelayanan yang dominan (daya tanggap) hendaknya diberi perhatian khusus oleh pengelola, karena. daya tanggap dapat memberikan kenyamanan tersendiri bagi konsumen, sehingga konsumen merasa terpuaskan oleh perhatian karyawan rumah makan Malibu Steak .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/050701857
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 24 Jul 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 14:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113230
[thumbnail of 050701856.pdf]
Preview
Text
050701856.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item