FaizalRizqi, (2007) Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian serta Dampaknya terhadap Loyalitas Merek : Survei pada Mahasiswa Program Strata-1 Angkatan 2003/2004 dan 2004/2005 Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Pengguna K. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan pertelekomunikasian untuk generasi-2 (2G) telepon wireless dipelopori di kawasan Eropa. Di Indonesia, penggunaan telepon seluler semakin meningkat seiring dengan perkembangan harga telepon seluler yang semakin murah dan peluncuran kartu SIM GSM prabayar dengan segala fasilitas yang ditawarkan. Menerapkan atribut produk yang sesuai terdiri dari merek, harga, mutu, label, dan garansi adalah beberapa variabel yang harus ditanggapi serius oleh provider kartu SIM GSM prabayar. Penellitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap kartu SIM GSM prabayar, serta melihat dampaknya terhadap loyalitas merek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori ( explanatory research ) yang didukung oleh data primer dan sekunder. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa program strata-1 Jurusan Administrasi Bisnis angkatan 2003/2004 dan 2004/2005 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang pengguna kartu SIM GSM prabayar dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling . Penelitian ini menggunakan tiga konsep, yaitu konsep atribut produk terdiri dari variabel merek (X 1 ), variabel harga (X 2 ), variabel mutu (X 3 ), variabel label (X 4 ), variabel garansi (X 5 ), konsep keputusan pembelian (Z), serta konsep loyalitas merek (Y). Teknik analisis data menggunakan analisis path/jalur ( path analysis ) dan analisis kelompok ( cluster analysis ) untuk mengetahui persamaan kecenderungan sifat karakteristik responden. Dari hasil analisis koefisien path menunjukkan bahwa konsep atribut produk memiliki pengaruh secara simultan terhadap konsep keputusan pembelian dengan F hitung sebesar 10,653 (p=0,000), dan terhadap konsep loyalitas merek, baik langsung dengan F hitung sebesar 14,276 (p=0,000) maupun melalui keputusan pembelian yang dapat dilihat dari hasil uji parsial terdapat variabel yang berpengaruh dominan, yaitu variabel mutu (X 3 ) 0,1792. Dari analisis path dapat diketahui pula pengaruh variabel proses keputusan pembelian (Z) terhadap variabel tingkat loyalitas merek (Y) dengan t hitung sebesar 0,448 (p=0,000). Hasil analisis cluster menunjukkan terdapat 5 kelompok dengan luster1 sebagai kelompok dominan sebanyak 81 orang responden dari 100 orang responden memiliki kecenderungan sifat karakteristik habitual buyer (pembeli karena kebiasaan) dengan melihat nilai terbesar, yaitu 4,1065. Sifat tersebut memiliki kecenderungan untuk berubah ke sifat switcher (pembeli yang berpindahpindah). Dari hasil penelitian yang menunjukkan mutu mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian dan berdampak terhadap loyalitas merek, saran kepada perusahaan dapat meningkatkan standar mutu sesuai dengan selera pasar. Terciptanya mutu yang bagus diharapkan akan meningkatkan pembelian konsumen dan dapat diarahkan kepada loyalitas konsumen terhadap merek dengan sifat karakteristik committed buyer (pembeli yang berkomitmen).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2007/050701833 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 18 Jul 2007 00:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 14:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113223 |
Other
113223 Download (0B) |
Actions (login required)
View Item |