Efisiensi Pengolahan Data Kepegawaian melalui penggunaan Sistem Informasi Berbasis Komputer : suatu studi pada Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Kota Malang

AnaWahyuningTyas (2007) Efisiensi Pengolahan Data Kepegawaian melalui penggunaan Sistem Informasi Berbasis Komputer : suatu studi pada Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan alternatif solusi mengenai efisiensi pengolahan data kepegawaian melalui penggunaan Sistem Informasi Berbasis Komputer, untuk meyediakan informasi yang cepat dan berkualitas bagi manajemen kepegawaian. Penelitian ini dilakukan pada Sistem Pengolahan Data kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Kota Malang. Teori-teori yang dipakai dalam rangka mencapai tujuan adalah teori mengenai efisiensi, sistem informasi manajemen, sistem informasi berbasis komputer dan pengolahan data elektronik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori efisiensi sebagai teori dasar efisiensi dari penggunaan pengolahan data kepegawaian, kemudian untuk pengunaan komputer sebagai basisnya penulis di dukung oleh teori tentang sistem informasi berbasis komputer. Sebagai panduan yang menyertai penelitian tentang pengolahan data, konsepnya penulis menggunakan teori tentang sistem pengolahan data. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan melakukan pengambaran Efisiensi Pengolahan Data Kepegawaian Melalui Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Komputer. Sebagai fokus penelitiannya yaitu: proses pengolahan data yang meliputi tahap-tahap dan prosedur pengolahan data, efisiensi pengolahan data kepegawaian melalui penggunaan sistem informasi berbasis komputer, hambatan-hambatan yang mempengaruhi efisiensi pengolahan data baik hamabatan internala maupun hambatan eksternal. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui efisiensi dari penggunaan sistem informasi berbasis komputer dalam mengolah data kepegawaian yang ditinjau dari empat kategaori efisiensi yaitu efisieni intern, efisiensi alokatif, efisiensi dinamis dan efisiensi sosial. Selain itu juga terdapat permasalahan yang menghambat efisensi pengolahan data kepegawaian melalui penggunaan sistem informasi berbasis komputer, dimana permasalahan tersebut terletak pada sumber daya manusianya atau pegawai yang belum mengerti bagaimana mengoperasikan komputer. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengolahan data kepegawaian melalui penggunaan sistem informasi berbasis komputer di Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Kota Malang telah mencapai tingkat efisiensi yang baik tetapi masih dibutuhkan penyempurnaan terhadap sumber daya serta sarana dan prasarana untuk mendapatkan nilai efisensi yang baik dan berkualitas bagi pengolahan data kepegawaian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/050701725
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 14:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113218
[thumbnail of 050701725.pdf]
Preview
Text
050701725.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 050701725.pdf]
Preview
Text
050701725.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item