Implementasi kebijakan pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia : suatu studi kebijakan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan terhadap Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA N

HeniSusan (2007) Implementasi kebijakan pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia : suatu studi kebijakan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan terhadap Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA N. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Selama ini kebijakan di bidang pendidikan selalu menjadi masalah yang urgent (mendesak) bagi semua pelaku atau aktor yang berkaitan dengan pendidikan di Indonesia, dan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan mutu, relevansi, dan efisiensi sistem pendidikan dilakukan dengan penyempurnaan kurikulum. Perubahan kurikulum sudah dilakukan dari mulai kurikulum untuk pertama kalinya diterapkan di Indonesia hingga sekarang masih terus di perbaiki dan disempurnakan, menyesuaikan perubahan yang terjadi di dunia pendidikan secara global. Hal itulah yang mendasari dibuatnya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang menyempurnakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004, serta menarik perhatian peneliti untuk meneliti bagaimana implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) guna meningkatkan mutu pendidikan dan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat serta solusi dalam implementasi KTSP di SMA Negeri 1 Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisis induktif. Lokasi dan situs penelitian berada di Kabupaten Lampung Tengah, di SMA Negeri 1 Kotagajah. Fokus penelitian mencakup aktor-aktor yang terlibat dalam implementasi; sasaran kebijakan yaitu peserta didik; output dan outcome; serta faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi implementasi kebijakan KTSP di SMA Negeri 1 Kotagajah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan KTSP di SMA Negeri 1 Kotagajah dapat dikatakan berjalan dengan baik karena adanya kerjasama dari semua warga sekolah, pemerintah, wali peserta didik, komite sekolah, serta pihak swasta. Selain itu, sasaran kebijakan yaitu peserta didik dapat tercapai dengan baik, dilihat dari hasil input dan output peserta didik. Meskipun masih ada sedikit kendala dalam pemanfaatan sarana dan prasarana yang belum optimal dan anggaran pendidikan yang masih belum maksimal, namun sekolah dapat mengatasi kendala tersebut. Dalam melaksanakan kebijakan, sekolah berpedoman pada KTSP yang dibuat tiap-tiap satuan pendidikan berdasarkan Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) sesuai ketentuan dalam PP No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Output yang telah diperoleh baik secara akademik maupun non akademik telah memberikan dampak yang cukup baik bagi peserta didik untuk lebih meningkatkan prestasinya dan bagi sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikannya, serta membuat peserta didik menjadi lebih aktif. SMA Negeri 1 Kotagajah berusaha meningkatkan mutu pendidikan dengan memperbaharui sistem belajar mengajar di sekolah, memberi pelayanan pendidikan kepada peserta didik, serta melakukan pengembangan kemampuan dan ketrampilan. Untuk pemenuhan sarana dan prasarana, SMA Negeri 1 Kotagajah sudah memenuhi standar minimal pembelajaran dalam kelengkapan fasilitas, sesuai dengan PP No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Selain itu, Pemerintah selalu berupaya membantu pelaksanaan KTSP dengan memberi bantuan anggaran pendidikan dan juga bantuan kebijakan. Dalam mensosialisasikannya, Pemerintah dibantu oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) dan LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan), juga Dinas Pendidikan. Meskipun ada beberapa kendala, seperti dalam anggaran pendidikan, namun secara keseluruhan, implementasi kebijakan KTSP di SMA Negeri 1 Kotagajah berjalan efektif, mengingat KTSP belum lama disahkan. Diharapkan nantinya, KTSP akan menjadi kurikulum yang sempurna untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/050701496
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 13:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113204
[thumbnail of 050701496.pdf]
Preview
Text
050701496.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item