DonySetiawan (2006) Pengaruh Internet Banking terhadap Kepuasan Nasabah : studi pada Pelanggan / Nasabah Bank Central Asia Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Internet Banking merupakan salah satu bentuk inovasi yang diperkenalkan dunia perbankan sebagai alat untuk meningkatan kualitas pelayanan yang akan menimbulkan kepuasan dalam diri nasabah. Inovasi yang ditawarkan dalam Internet Banking sangat bermanfaat pada saat ini dimana nasabah bank menginginkan kenyamanan keamanan, kemudahan, keandalan, fleksibilitas, dan biaya yang murah dalam bertransaksi sesuai dengan perkembangan perilaku masyarakat modern yang memiliki mobilitas tinggi dalam kehidupannya. Oleh karena itu nasabah seringkali membutuhkan keamanan, kemudahan, keandalan, fleksibilitas, dan biaya yang murah dalam bertransaksi. Penelitian ini dilakukan pada Nasabah Bank Central Asia Kantor Cabang Utama Malang. Pemilihan lokasi ini dikarenakan BCA telah menerapkan fasilitas Internet Banking pada nasabahnya. Dengan penerapan fasilitas Internet Banking BCA yakni KlikBCA tersebut maka peneliti melakukan penelitian untuk mengamati seberapa besar pengaruh Internet Banking terhadap Kepuasan Nasabah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan faktor Internet Banking (X) yang terdiri dari Variabel Independence / Kebebasan (X1), Convenience / Kesenangan (X2), Security / Keamanan (X3) sebagai variabel bebas dan Kepuasan Nasabah sebagai variabel terikat. Sampel yang digunakan berjumlah 75 orang dengan menggunakan Accidental Sampling sebagai tehnik pengambilan sampel. Penelitian ini dapat diketahui bahwa Variabel Independence / Kebebasan (X1), Variabel Convenience / Kesenangan (X2), dan Variabel Security / Keamanan (X3) berpengaruh secara simultan terhadap tingkat kepuasan nasabah (Y). Dan dari hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa Variabel Security / Keamanan (X3) mempunyai t hitung paling besar, sehingga variabel Security / Keamanan (X3) yang meliputi Sistem yang mampu melindungi transaksi, ketepatan informasi, jaminan keuangan dan data yang terintegrasi berpengaruh dominan terhadap tingkat kepuasan nasabah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2006/487/050700210 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 11 Nov 2008 08:50 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 13:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113157 |
Preview |
Text
050700210.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |