Kajian Peningkatan PAD Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Malang : studi dalam Optimalisasi Penerimaan Pajak Reklame di Kabupaten Malang

AhmadNurcholish, (2006) Kajian Peningkatan PAD Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Malang : studi dalam Optimalisasi Penerimaan Pajak Reklame di Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam rangka otonomi daerah, Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan tolok ukur tingkat kemampuan keuangan daerah dan salah satu sumber PAD adalah pajak daerah. Rendahnya kemampuan keuangan daerah yang mengakibatkan tingginya ketergantungan daerah terhadap dana dari Pemerintah Pusat, mendorong Pemerintah Daerah/Kota melakukan upaya untuk meningkatkan PAD-nya salah satunya dengan cara melakukan optimalisasi pajak daerahnya untuk meningkatkan keuangan daerah dalam menunjang pembangunan daerah. Pajak reklame yang merupakan bagian dari pajak daerah memiliki potensi yang terus dapat ditingkatkan sebagai sumber andalan bagi pajak daerah, hal ini didukung dengan semakin berkembangnya pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Malang, selama ini jenis pajak daerah yang memiliki kontribusi yang besar terhadap PAD adalah pajak penerangan jalan dan pajak hiburan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan upaya-upaya yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Malang untuk mengoptimalkan penerimaan dari pajak reklame. Penelitian yang mengambil lokasi di Kabupaten Malang ini merupakan penelitian kualitatif dengan cara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan optimalisasi penerimaan pajak reklame di Kabupaten Malang di lakukan melalui intensifikasi dan ekstensifikasi. Intensifikasi yang dilakukan Dipenda Kabupaten Malang yaitu, (a) memperkuat proses pemungutan seperti publikasi dan sosialisasi tentang pajak reklame, peningkatan kualitas pegawai, peningkatan sarana dan prasarana pendukung, penyesuaian tarif dan penagihan serta penerapan sanksi; (b) meningkatkan efisiensi dengan cara restrukturisasi organisasi dan penyempurnaan sistem dan prosedur; dan (c) melakukan pengawasan. Adapun upaya yang dilakukan dengan cara ekstensifikasi yaitu dengan menambah jenis pajak baru seperti tinplate. Flakcine, reklame dalam ruangan/gedung, reklame yang dicat pada rumah/toko. Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Malang selaku organisasi pelaksana dalam pemungutan pajak daerah dapat dikatakan berhasil, hal ini terlihat dari keberhasilan penerimaan pajak reklame dalam tujuh tahun terakhir mulai tahun 1999 s/d 2005 yang terus meningkat dan melebihi target yang telah ditetapkan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pajak reklame seperti kesadaran masyarakat yang masih rendah, sistem pengawasan yang belum efektif, prosedur perijinan yang terpisah, banyaknya wajib pajak yang berdomisili di luar daerah dan juga kendala dana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/472/0506030040
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2008 10:27
Last Modified: 22 Oct 2021 13:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113150
[thumbnail of 050603040.pdf]
Preview
Text
050603040.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item