Analisis Dan Perbandingan Performansi File Sharing Peer-To-Peer Menggunakan Framework JXTA Dan Gnutella

Faodiansyah, Yoga (2018) Analisis Dan Perbandingan Performansi File Sharing Peer-To-Peer Menggunakan Framework JXTA Dan Gnutella. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu bidang dalam teknologi informasi yang menjadi kebutuhan manusia adalah mengenai sharing. Sharing merupakan mekanisme untuk melakukan pembagian sumber daya, berkas, maupun informasi lainnya kepada pengguna yang saling terhubung. Sharing ini bertujuan untuk memaksimalkan kemampuan dari sumberdaya yang ada. Selain itu, tujuan lainnya untuk mempermudah pengguna dalam melakukan pencarian dan pembagian informasi yang dibutuhkan. Sharing yang banyak dilakukan adalah file sharing yang terbagi menjadi dua berdasarkan arsitekturnya yaitu client-server dan peer-to-peer. Pada arsitektur client-server, terdapat beberapa masalah salah satunya adalah keterbatasan sumberdaya yang dapat menghambat mekanisme file sharing. Masalah tersebut dapat dioptimalkan dengan menggunakan model arsitektur peer-to-peer karena pada arsitektur peer-to-peer, file dapat langsung dikirimkan pada penerima tanpa melalui perantara dan berkas dapat dikirimkan oleh beberapa peer yang tergabung pada jaringan tersebut sehingga mekanisme file sharing dapat berjalan dengan lancar. Pada arsitektur peer-to-peer terdapat bermacam-macam mekanisme dalam melakukan file sharing berdasarkan generasinya sehingga performa yang dihasilkan berbeda-beda. Pada penelitian dilakukan analisis dan perbandingan terhadap performa dari protocol yang digunakan untuk melakukan file sharing dengan parameter-parameter yang telah ditentukan yaitu throughput dan delay. Protocol yang digunakan dalam penelitian ini adalah Gnutella dan JXTA yang masing-masing termasuk dalam generasi dua dan tiga. Pengujian pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan mekanisme file sharing pada kedua protocol yang digunakan dan disesuaikan dengan perancangan yang dibuat untuk pengujian. Berdasarkan pengujian yang dilakukan pada penelitian ini menunjukkan bahwa performansi protocol JXTA yang dihasilkan lebih baik dibandingkan dengan performansi protocol Gnutella saat melakukan mekanisme file sharing dengan menggunakan skema pengujian dan ukuran berkas yang sama.

English Abstract

One of the areas in information technology that human needs are about Sharing. Sharing is a mechanism to share resources, files, or Other information to connected users. This need to share is meant to maximize the utilization of existing resources. In addition, the other benefit that can be gained is to make it easier to perform searching of information and the dissemination of information. One of the easiest way to share information is through file sharing method, which can be separated into 2 according to the architecture, client-server and peer-to-peer. In the client-server architecture, there are several problem that needs to be resolved is the limited resources that can hamper the file sharing mechanism. The problem can be addressed by utilizing peer-to-peer architecture model. Because on a peer-to-peer architecture, files can be directly sent to the recipient without going through intermediaries and files can be sent by multiple peers in the network so the file sharing mechanism can run smoothly. In a peer-to-peer architecture, there are various mechanisms in place to do file sharing based on its generation so that the resulting performance can be different. this study aims to conduct analysis and compare the performances of the protocols used to perform file sharing with determined parameters, throughput and delay. The protocols that will be tested in this study is Gnutella and JXTA, each of which belongs to generations two and three.Testing in this research is done by doing file sharing mechanism on both protocols. Based on the tests conducted in this study shows that the performances of the JXTA protocols is better than the Gnutella protocol’s performances when performing file sharing mechanisms using the same test scheme and file size .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/273/051801963
Uncontrolled Keywords: Sharing, File Sharing, Peer-to-Peer, JXTA, Gnutella
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.7 Data in computer systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 31 May 2018 07:12
Last Modified: 27 Oct 2021 05:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11315
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (444kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (494kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (737kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (649kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item