Hubungan Periklanan Dengan Penjualan : suatu kasus pada PT. Sarinah (Persero) Cabang Malang

AgungNurCahyoPurnomo (2006) Hubungan Periklanan Dengan Penjualan : suatu kasus pada PT. Sarinah (Persero) Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Periklanan merupakan salah satu penentu keberhasilan peningkatan omzet penjualan produk perusahaan. Tanpa adanya periklanan, berbagai produk barang dan jasa tidak akan dapat mengalir secara kepada distributor atau penjual, apalagi samapi ke tangan para konsumen. Pelaksanaan periklanan akan berdampak pada meningkatnya jumlah permintaan terhadap produk yang ditawarkan, yang pada akhirnya akan meningkatkan omzet penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aktivitas periklanan dengan omzet penjualan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif studi kasus. Penelitian ini di lakukan pada PT. Sarinah (Persero) Cabang Malang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai analisis deskriptif dan korelasi product moment . Berdasarkan hasil perhitungan nilai korelasi (r) diperoleh hasil koefisien korelasi (r) yang dihasilkan bahwa penggunaan media brosur, radio dan spanduk memiliki korelasi yang rendah dengan volume penjualan. Sedangkan penggunaan media umbul-umbul dan surat kabar memiliki korelasi sedang. Setelah dilakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi oleh PT. Sarinah (Persero) Cabang Malang, maka sebagai pemecahan masalah tersebut adalah : Dalam pelaksanaan aktivitas periklanan, perusahaan harus benar-benar melihat kemampuan media yang digunakan dengan perencanaan yang tepat dan matang agar produk yang diiklankan sejajar dengan persepsi khalayak terhadap prestise media tersebut. Informasi yang disampaikan melalui iklan harus menaik dan informatif karena iklan yang menarik dan informatif akan selalu diingat oleh konsumen. Perusahaan hendaknya selalu mengadakan penyempurnaan dan mengikuti perkembangan di bidang periklanan untuk mendapatkan tempat bagi produk barang terhadap pesaingnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/413/050602673
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2008 09:12
Last Modified: 22 Oct 2021 12:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113114
[thumbnail of 050602673.pdf]
Preview
Text
050602673.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item