AbdullahHasyim, (2006) Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pemerintahan Kelurahan Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat : studi pada Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang yang merupakan satuan pemerintahan yang terendah dan langsung dibawah Pemerintahan Kecamatan, keberadaan dan kedudukan Pemerintahan Kelurahan adalah vital. Pernyataan ini mengandung pengertian bahwa Kelurahan menjadi tumpuan sekaligus ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintahan serta sebagai sumberdata dan informasi dalam penentuan berbagai kebijaksanaan pemerintahan secara profesional. Keberhasilan aparatur pemerintah daerah dalam pelaksanaan urusan pemerintahan dan pelayanan publik merupakan suatu cermin keberhasilan pembangunan nasional. Dalam hal penyelenggaraan urusan pemerintahan akan selalu dihadapkan pada kompleknya urusan yang ada pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah Tujuan Penelitian ini adalah adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa hal-hal sebagai berikut : pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kelurahan Sumbersari, faktor-faktor yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik di kantor Kelurahan Sumbersari, kendala-kendala yang dihadapi oleh pemerintah Kelurahan Sumbersari dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kelurahan Sumbersari dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Jenis dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif, alasan penggunaan jenis penelitian ini bahwa peneliti akan berusaha menggambarkan atau mendeskripsikan tentang upaya yang dilakukan oleh aparatur pemerintah kelurahan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuisoner, wawancara dan studi dokumen. Analisa data pada penelitian dilakukan dengan mengedit data yaitu dengan memeriksa data yang telah dikumpulkan untuk diselesaikan berdasarkan reliabilitas dan validitas, mengklasifikasikan data sesuai dengan sumber data masing-masing, mereduksi data sesuai dengan sumber data masing-masing, menyajikan data, yaitu mendeskripsikan data hasil observasi interview dan dokumentasi, menganalisa dan menginterpretasikan data, dan merumuskan kesimpulan dari penelitian, serta rekomendasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa upaya Pemerintah Kelurahan Sumbersari dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan meliputi Penetapan Pedoman Pelayanan yang terdiri dari pembenahan prosedur pelayanan, biaya pelayanan yang tidak memberatkan pengguna jasa (bersifat sukarela), ketepatan waktu pelayanan. Kemudian melakukan pemanfaatan sarana dan prasarana secara optimal dan melakukan perawatan fasilitas pelayanan. Selain itu pemerintah Kelurahan Sumbersari juga melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan dengan meningkatkan tanggung jawab pegawai, meningkatkan kesopanan dan keramahan pegawai, serta membuat strategi peningkatan kualitas pelayanan. Guna meningkatkan kualitas pelayanan, pemerintah Kelurahan Sumbersari berupaya untuk memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat selaku pengguna jasa kantor Kelurahan. Sebagai langkah menciptakan adanya perbaikan pelayanan kepada masyarakat, perlu kiranya diperhatikan masalah sarana dan prasarana kerja yang tersedia, karena selama ini diketahui bahwa ada sebagian sarana dan prasarana kerja yang kondisinya kurang baik sehinga turut mempengaruhi kelancaran kerja pegawai.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2006/404/050602421 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id |
Date Deposited: | 08 Nov 2008 08:22 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 12:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113106 |
Preview |
Text
050602421.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |