Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah Pasca Restrukturisasi : studi Pada Dinas Pariwisata, Informasi dan Komunikasi Kota Malang

DhanyAprianto (2006) Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah Pasca Restrukturisasi : studi Pada Dinas Pariwisata, Informasi dan Komunikasi Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berkaitan dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999 dan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 dalam hal kelembagaan Pemerintah Daerah mensyaratkan terjadinya perubahan kewenangan Pemerintah Pusat dan Daerah. Dan untuk itu perlu dilakukan penataan kembali kelembagaan, penataan personil dan penataan dokumen atau arsip, di daerah otonom. Pemerintah kemudian mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2003 yang memperbarui Peraturan Pemerintah Nomor 84 tahun 2000 tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah, yang menindaklanjuti Undang-Undang No. 22 tahun 1999 guna merestrukturisasi kelembagaan Pemerintah Daerah. Sebagai konsekuensi diberlakukannya kebijakan pemerintah mengenai Restrukturisasi Organisasi Pemerintah Daerah, maka kondisi kelembagaan yang ada di daerah seperti dinas-dinas daerah akan mengalami perubahan. Perubahan itu antara lain ; adanya penggabungan dinas menjadi satu karena dianggap memiliki tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) yang sejenis misalnya penggabungan Dinas Pariwisata dan Dinas Informasi dan Komunikasi. Adanya beberapa dinas yang digabung menjadi satu pada Dinas Pariwisata, Informasi dan Komunikasi tersebut secara langsung memaksa pegawainya untuk melaksanakan kebijakan tersebut, sebagai akibatnya kinerja serta pelayanan yang diberikan kepada publik kurang maksimal, hal ini dikarenakan terjadinya perubahan susunan jabatan stuktural dan fungsional dalam struktur yang baru yang tidak biasa, terlebih lagi membawa dampak psikologis bagi pegawai dan penempatan pegawai yang tidak sesuai dengan bidang tugasnya yang menyebabkan motivasi pegawai menurun sehingga mempengaruhi kualitas kinerja, dan sebagai akibatnya kinerja pegawai dinilai lamban dan tidak memuaskan bagi publik. Dari uraian diatas, maka tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh realitas penempatan pegawai sebagai akibat adanya restrukturisasi, kinerja aparatur serta upaya peningkatan kinerja aparatur pasca restrukturisasi organisasi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Informasi dan Komunikasi Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini menggambarkan realitas penempatan pegawai pasca restrukturisasi organisasi, kinerja aparatur serta upaya peningkatan kinerja aparatur pasca restrukturisasi organisasi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis model interaktif, dengan prosedur reduksi data, penyajian dan verifikasi. Dalam pelaksanaan restrukturisasi organisasi yang didasarkan pada PP No. 8 Tahun 2003, maka kinerja pegawai pada Dinas Pariwisata, Informasi dan Komunikasi mengalami perubahan, hal ini dikarenakan pegawai harus menghadapi lingkungan kerja yang baru. Hambatan yang muncul pasca restrukturisasi organisasi adalah berupa penurunan motivasi dan semangat kerja karena menghadapi lingkungan kerja yang baru, sehingga dinas Pariwisata, Informasi dan Komunikasi merasa perlu adanya upaya peningkatan kinerja aparaturnya. Upaya yang dilakukan Dinas Pariwisata, Informasi dan Komunikasi Kota Malang dalam meningkatkan pelayanan yang prima, efektif dan efisien yaitu melalui penegakan disiplin pegawai, pemberian motivasi kepada pegawai dan mendidik pegawai lewat kegiatan diklat. Penegakan disiplin pada Dinas Pariwisata, Informasi dan Komunikasi Kota Malang dilakukan melalui ; keteladanan pemimpin, pemberian hukuman dan pengawasan terhadap pegawai. Dalam pelaksanaan penegakan disiplin terhadap pegawai pada Dinas Pariwisata, Informasi dan Komunikasi Kota Malang terutama pasca restrukturisasi organisasi pegawai telah memiliki kedisiplinan yang baik dan kesadaran yang baik pula. Pemberian motivasi dalam rangka memulihkan psikologi dilakukan dengan jalan ; pembinaan mental terhadap pegawai dan pengangkatan jabatan bagi pegawai yang memiliki prestasi kerja yang baik. Mengikutsertakan pegawai dalam kegiatan diklat merupakan salah satu upaya yang penting dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Informasi dan Komunikasi Kota Malang karena kemampuan personal dan kemampuan operasional pegawai akan dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/40/050700085
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2008 09:20
Last Modified: 22 Oct 2021 12:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113103
[thumbnail of 050700085.pdf]
Preview
Text
050700085.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item