Analisis Lingkungan Perusahaan Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran : studi pada PT Kertas Leces (Persero) Probolinggo

DytaNorWinaSari (2006) Analisis Lingkungan Perusahaan Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran : studi pada PT Kertas Leces (Persero) Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Strategi pemasaran merupakan alat utama bagi perusahaan untuk dapat menguasai pasar sehingga pemilihan dan penetapan strategi merupakan hal yang essensial bagi setiap perusahaan. Namun, kadang terjadi kesalahan pada penetapan strategi pemasaran sehingga besarnya pendapatan tidak mendapatkan hasil yang positif bila dibandingkan dengan besarnya pengeluaran. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka perlu menetapkan strategi pemasaran yang berwawasan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab masalah dalam perusahaan yang berkaitan dengan strategi pemasaran yang berwawasan lingkungan. Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan dan merumuskan strategi yang sesuai untuk mengantisipasi lingkungan yang ada. Penelitian berjenis penelitian deskriptif yang dilakukan di PT Kertas Leces (Persero) di Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada empat, yaitu Analisis External Factors Evaluation , Analisis Internal Factors Evaluation , Analisis IE ( Internal-External ) Matrik dan Analisis SWOT. Hasil analisis lingkungan untuk lingkungan eksternal menunjukkan tidak adanya ancaman pendatang baru, tidak tergantung pada satu pemasok, memiliki pelanggan tetap dan tidak tetap, belum adanya barang substitusi serta iklim persaingan yang cukup ketat untuk produk sejenis. Sedangkan analisis lingkungan internal menunjukkan produk yang dihasilkan berkualitas, harga kompetitif dan variatif, memiliki media promosi on line , sistem penjualan langsung, karyawan yang memadai, memiliki sarana lengkap, penjualan yang berada di atas RKAP, dan penelitian dan pengembangan yang terus menerus. Analisis EFE menghasilkan total skor 2.70 dan Analisis IFE menghasilkan total skor 2.50. Hasil dari kedua analisis tersebut diolah dalam Analisis IE Matrik yang menunjukkan kondisi perusahaan berada pada rata-rata, pada fase pertumbuhan dan stabilitas. Analisis SWOT memunculkan strategi WO sebagai strategi yang mungkin dilaksanakan oleh PT Kertas Leces (Persero). Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa perusahaan memiliki banyak peluang serta cukup mampu mengatasi ancaman yang timbul dengan kekuatan dan kelemahan internal yang seimbang. Strategi yang bisa dilakukan yaitu dengan membangun usaha yang sama dilokasi lain, memperbanyak jenis produk serta berupaya memanfaatkan bahan baku lain unuk bahan baku kertasnya, contohnya bagasse.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/38/050700078
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2008 09:08
Last Modified: 22 Oct 2021 12:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113084
[thumbnail of 050700078.pdf]
Preview
Text
050700078.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item