Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Resiko Investasi Saham Sektor Properti dan Real Estate Yang Listing Di Bursa Efek Jakarta

FitriatulAkhadiyah, (2006) Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Resiko Investasi Saham Sektor Properti dan Real Estate Yang Listing Di Bursa Efek Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kodisi pasar modal di Indonesia yang mengalami pasang surut, menunjukkan bahwa aktivitas bisnis di pasar modal memiliki keterkaitan erat dengan irama ekonomi makro. Kondisi ekonomi makro yang stabil merupakan energi pendorong bagi perkembangan pasar modal. Sebagai lahan investasi, pasar modal tentu tidak lepas dari resiko. Melalui penelitian ini penulis mengemukakan cara menganalisis resiko serta meminimalkan resiko dalam melakukan investasi di pasar modal, dengan mengambil kasus saham properti yang listing di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi, suku bunga, dan inflasi terhadap resiko investasi saham sektor properti dan real estate yang listing di BEJ, serta untuk mengetahui variabel makro yang berpengaruh paling dominan terhadap resiko investasi saham. Sebanyak 37 perusahaan properti dan real estate yang berturut-turut listing di BEJ tahun 2002-2004, diambil sebagai sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari dokumen BEJ dan BAPEPAM yang diperoleh di Pojok BEJ Fakultas Ekonomi Brawijaya Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Metode Analisis Data yang digunakan adalah uji F untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh nyata antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Uji t untuk mengetahui secara parsial masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Koefisien determinasi (R 2) untuk mengetahui seberapa besar sumbangan ( share ) dari variabel bebas terhadap fluktuasi variabel terikat. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi, suku bunga, dan inflasi secara bersama-sama memilki pengaruh nyata terhadap resiko investasi di BEJ. Analisis parsial menujukkan bahwa secara parsial ketiga variabel memiliki pengaruh nyata/signifikan terhadap resiko investasi. Secara empiris diketahui bahwa variabel suku bunga lebih dominan pengaruhnya terhadap resiko. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan, bagi investor maupun calon investor yang akan melakukan investasi di pasar modal khususnya yang akan membeli saham-saham sektor properti dan real estate agar mempertimbangkan variabel-variabel pertumbuhan ekonomi, suku bunga, dan inflasi yang berlaku, karena variabel-variabel tersebut berpengaruh nyata terhadap resiko investasi saham sektor properti dan real estate yang listing di Bursa Efek Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/377/050602394
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 14 Nov 2008 09:03
Last Modified: 22 Oct 2021 12:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113081
[thumbnail of 050602394.pdf]
Preview
Text
050602394.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item