Analisis Sistem dan Prosedur Pembelian dan Pengeluaran Kas pada Bahan Baku : studi Kasus Pada Perusahaan Indah Cemerlang Malang

AnggrainiKusumaningtyas (2006) Analisis Sistem dan Prosedur Pembelian dan Pengeluaran Kas pada Bahan Baku : studi Kasus Pada Perusahaan Indah Cemerlang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem merupakan rangkaian prosedur atau atau aktivitas yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan bersama, karena itu perlu dibangun sebuah sistem yang baik agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Salah satu kegiatan perusahaan yang begitu penting adalah pembelian bahan baku, sebab bahan baku menjadi komponen utama dalam pembuatan suatu produk. Begitu pentingnya pembelian bahan baku, maka diperlukan suatu sistem yang tepat untuk menjalankannya. Kurang tepatnya sistem pembelian bahan baku yang digunakan dapat mengakibatkan lemahnya pengendalian intern perusahaan sehingga memperbesar terjadinya kelalaian maupun kecurangan. Kelalaian dan kecurangan tersebut dapat terjadi pada proses pembelian bahan baku maupun pada proses pengeluaran kas untuk pembayaran pembelian bahan baku tersebut. Oleh karena itu perlu perancangan sistem dan prosedur pembelian dan pengeluaran kas yang baik, khususnya pada pembelian dan pengeluaran kas untuk bahan baku. Sistem tersebut dapat dikontrol melalui dokumen atau formulir yang digunakan, catatan akuntansi, serta otorisasi yang tepat dalam setiap prosedur yang dijalankan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Indah Cemerlang Malang dengan fokus penelitian struktur organisasi, formulir yang digunakan, serta prosedur pembelian dan pengeluaran kas yang dilaksanakan perusahaan. Berdasarkan analisis yang dilakukan terdapat beberapa kelemahan, seperti perangkapan fungsi, kekurangan pada formulir yang digunakan, dan kurang memadainya prosedur pembelian dan pengeluaran kas yang dilakukan. Terhadap kekurangan tersebut, perlu diadakan perbaikan terhadap struktur organisasi, formulir yang digunakan, serta prosedur pembelian dan pengeluaran kas yang dijalankan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/360/050602151
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2008 10:13
Last Modified: 22 Oct 2021 11:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113066
[thumbnail of 050602151.pdf]
Preview
Text
050602151.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item