AnangSupriyanto (2006) Implementasi Peraturan Daerah No. 03 tahun 2005 tentang Pajak Reklame dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Nganjuk : suatu studi tentang Mekanisme Pelaksanaan Pajak Reklame di. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh Negara kita di seluruh tanah air memerlukan biaya yang cukup besar, sehingga dalam hal ini tidak dapat dibebankan kepada pemerintah pusat saja melainkan harus dipikul bersama-sama dengan pemerintah daerah setempat di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu kebijakan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan salah satu faktor yang turut menentukan penyelenggaraan otonomi daerah. Untuk itu setiap pemerintah kabupaten/kota tentunya senantiasa berupanya mengimplementasikan kebijakan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya pajak reklame secara efisien dan efektif, Sehingga diharapkan memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah yang dampaknya (out came) bagi kemandiriannya dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat daerah setempat. Mengingat prosedur yang harus ditempuh dalam ijin reklame umumnya dianggap terlalu berbelit-belit dan tidak jelas, serta membutuhkan upaya yang tidak sedikit baik dalam bentuk waktu maupun biaya. Maka diperlukan suatu sistem pendataan dan pemungutan pajak reklame yang baik. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1. Implementasi Peraturan Daerah No. 03 Tahun 2005 tentang pajak reklame dalam menunjang Pendapatan Asli Daerah meliputi: Sistem pendaftaran, pendataan, dan penetapan pajak reklame, Sistem pemungutan pajak reklame, Target dan realisasi pajak reklame, Kontribusi pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah. 2. Kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi Peraturan Daerah No. 03 Tahun 2005 tentang pajak reklame dalam menunjang Pendapatan Asli Daerah di kabupaten Nganjuk. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan analisa kualitatif dilakukan dengan wawancara serta dengan observasi dan dokumentasi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemerintah Kabupaten Nganjuk telah merumuskan kebijakan pajak reklame yang dititikberatkan pada intenfikasi. Implementasi peraturan sistem pendataan dan pemungutan pajak reklame di Kabupaten Nganjuk cenderung tidak sesuai dengan aturan yang ada, realisasi pajak reklame terhadap kontribusi pendapatan asli daerah rata-rata sebesar 3.5 % per tahun. Masih adanya kendala struktural selain kendala teknis dan non teknis lainnya dalam implementasi pajak reklame sistem pendaftaran, pendataan dan pemungutan pajak reklame di Kabupaten Nganjuk. Untuk meningkatkan pemasukan dari sektor pajak reklame, maka usaha intensifikasi dan transparansi pajak reklame harus digalakkan dan melakukan kerja sama kepada pihak ketiga dalam meningkatkan pendapatan pajak reklame.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2006/355/050602146 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id |
Date Deposited: | 06 Nov 2008 15:52 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 11:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113061 |
Preview |
Text
050602146.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
050602146.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |