Efisiensi Manajemen Modal Kerja Sebagai Upaya Meningkatkan Profitabilitas : studi Pada Koperasi Serba Usaha Makmur Sejati Kota Malang

CaturSusanto (2006) Efisiensi Manajemen Modal Kerja Sebagai Upaya Meningkatkan Profitabilitas : studi Pada Koperasi Serba Usaha Makmur Sejati Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Baik koperasi maupun segala bentuk organisasi pastilah memerlukan modal kerja untuk membiayai kegiatan operasionalnya. Modal kerja yang ada dalam koperasi haruslah mencukupi, sehingga memungkinkan koperasi untuk beroperasi secara ekonomis dan tidak mengalami kesulitan. Masalah yang timbul adala h bagaimanakah pengelolaan modal kerja koperasi agar dapat meningkatlkan profitabilitas pada koperasi tanpa mengabaikan likuiditas pada koperasi. Sehubungan dengan masalah tersebut diatas maka dalam penelitian ini akan dilaksanakan pada Koperasi Serba Usaha (KSU) Makmur Sejati kota Malang yang berlokasi di Malang. Dengan penelitian ini diharapkan akan dapat diketahui tentang masalah yang dihadapi oleh koperasi. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang bersifat studi kasus karena peneltian ini sendiri bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang efisiensi laporan keuangannya. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah rasio keuangan dan analisis laporan perubahan modal kerja. Berdasarkan hasil analisis terhadap laporan keuangan pada Koperasi Serba Usaha Makmur Sejati selama tiga tahun dapat diketahui bahwa masalah yang dihadapi oleh koperasi adalah masih rendahnya tingkat profitabilitas koperasi pada akhir tahun 2005 jika dibandingkan dengan tingkat suku bunga pinjaman bank padatahun yang sama. Hal ini menunjukkan kurang efisiennya manajemen modal kerja, diantaranya kurang efektifnya kebijaksanaan pengumpulan piutang dan terjadinya penurunan volume usaha pada koperasi. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, maka harus diupayakan pembenahan yaitu dengan memperketat kebijaksanaan kredit, mengaktifkan kegiatan pengumpulan piutang, dan membuat peningkatan volume penjuala n. Untuk dapat meningkatkan profitabilitas pada koperasi maka dalam pembahasan ini dilakukan dengan membuat proyeksi laporan keuangan. Berdasarkan proyeksi laporan keuangan untuk tahun 2006, maka profitabilitas pada koperasi berhasil ditingkatkan yaitu mencapai 46,47% untuk Operating Profit Margin (OPM ), 7,77% untuk Return On Investment (ROI), dan 23, 48% untuk Return On Equity (ROE)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/351/050602142
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2008 14:30
Last Modified: 22 Oct 2021 11:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113057
[thumbnail of 050602142.pdf]
Preview
Text
050602142.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item