Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembeli Sekaligus Penghuni Rumah Perusahaan Umum Perumahan Nasional Sawojajar II Desa Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Mala

AndikaFeriIrawati (2006) Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembeli Sekaligus Penghuni Rumah Perusahaan Umum Perumahan Nasional Sawojajar II Desa Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Mala. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsumen dalam melakukan pembeliannya seringkali dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk faktor-faktor eksternal yang terdiri dari kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi dan keluarga, termasuk juga dalam melakukan pembelian rumah. Faktor-faktor eksternal tersebut akan memberikan pengaruh yang berbeda-beda terhadap masing-masing konsumen sehingga para pemasar perlu mengetahui seperti apa dan sejauh mana faktor-faktor eksternal tersebut mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian rumahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara faktor-faktor eksternal keputusan pembelian baik secara bersama-sama maupun secara parsial, dan juga untuk mengetahui variabel yang dominan dari faktor-faktor eksternal yang terdiri dari kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi, dan keluarga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan ( explanatory research ) untuk menguji hipotesis mengenai hubungan dan pengaruh antara variabel-variabel faktor eksternal yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian rumah. Populasi pada penelitian ini adalah pembeli sekaligus penghuni rumah Perum Perumnas Sawojajar II Malang yang terletak di Desa Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang sebanyak 1001 orang dengan sampel sejumlah 91 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan systematic random sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Variabel Kebudayaan (X 1), Kelas Sosial (X2), Kelompok Referensi (X3), Keluarga (X4) serta Struktur Keputusan Pembelian Rumah (Y). Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan parsial dengan α =0,05. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa variabel-variabel faktor-faktor eksternal mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan baik secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap keputusan pembelian, hal ini terlihat pada nilai F hitung sebesar 44,386 dengan nilai probabilitas 0,000 (p<0,05). Dan diketahui pula bahwa variabel keluarga yang memiliki pengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian Rumah dengan nilai t hitung 4,467 dengan nilai probabilitas 0,000 (p<0,05). Hal ini dikarenakan rumah sebagai tempat tinggal bersama keluarga sehingga pertimbangan dari pihak keluarga lebih diutamakan, selain itu juga keluarga sebagai orang terdekat mempunyai keterikatan emosional diantara satu sama lain sehingga mampu mempengaruhi keputusan pembelian rumah tersebut. Sedangkan untuk besarnya sumbangan faktor-faktor eksternal terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 65,8%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut yang disarankan adalah bahwa pihak Perum Perumnas Sawojajar II Malang hendaknya memberikan variasi terhadap model, bangunan maupun spesifikasinya. Misalnya menambahkan jumlah kamar yang ada dengan cara mengurangi luas ruangan yang lain agar dapat mencukupi jumlah anggota keluarga yang akan tinggal bersama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/325/050602112
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2008 14:00
Last Modified: 22 Oct 2021 11:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113048
[thumbnail of 050602112.pdf]
Preview
Text
050602112.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item