PENGARUH PESAN IKLAN TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa Program Strata-1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2003/2004 dan 2004/2005 yang Mengkonsumsi R

DedyAdiKusuma, (2006) PENGARUH PESAN IKLAN TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa Program Strata-1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2003/2004 dan 2004/2005 yang Mengkonsumsi R. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Periklanan yang merupakan bagian dari bauran promosi yang memiliki peranan penting terutama iklan yang menggunakan media televisi, ini dikarenakan televisi mendapat perhatian yang cukup tinggi dari pemirsa, dapat menjangkau semua lapisan masyarakat, serta memberikan suatu informasi tentang keunggulan yang dimiliki produk tersebut melalui semua aspek yaitu suara, gerakan, musik dan warna. Iklan televisi dapat mengarahkan konsumen membeli produk-produk yang dihasilkan sehingga diyakini dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan pembeli. Iklan televisi merupakan suatu stimulus yang ditawarkan oleh pihak pemasar dalam mempengaruhi konsumen dalam memilih produk yang ditawarkan atau mengambil keputusan untuk membeli produk yang ditawarkan pemasar. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengaruh pesan iklan televisi terhadap keputusan pembelian; 2) Variabel manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh baik secara simultan maupun parsial antara pesan iklan televisi terhadap keputusan pembelian; 2) Mengetahui variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian penjelasan ( explanatory research ), dengan menggunakan data primer dan sekunder. Dengan jumlah populasi (responden) sebayak 85 orang responden yaitu mahasiswa laki-laki program Strata-1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2003/2004 dan 2004/2005 yang mengkonsumsi rokok Sampoerna A-Mild. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan regresi parsial. Hasil analisis regresi linear beganda menunjukkan bahwa dengan uji F diperoleh bahwa variabel stimulus pesan iklan (X) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung 23,258 dengan probabilitas F hitung sebesar 0,000 (p<0,05). Dengan analisis regresi parsial Variabel format pesan (X3) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian produk (Y) dengan nilai koefisien regresi terbesar 0,227. Berdasarkan penelitian ini pula diketahui bahwa variabel keputusan pembelian rokok (Y) dipengaruhi sebesar 51,5% oleh variabel-variabel pesan iklan, sedangkan sisanya sebesar 48,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Oleh sebab itu penulis menyarankan agar perusahaan untuk menganggarkan biaya lebih untuk periklanan, mengutamakan format pesan dalam pembutan iklan televisi, dan tetap bisa mempertahankan kreatifitas dari iklan mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/318/050602023
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2008 13:25
Last Modified: 22 Oct 2021 10:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113042
[thumbnail of 050602023.pdf]
Preview
Text
050602023.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item