EkaYuniarSasi (2006) Tingkat Pemanfaatan Situs Pemerintah Kabupaten Malang Oleh Masyarakat Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik : studi Pada Bagian Pengelola Data Elektronik Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan teknologi terutama melalui internet telah mempengaruhi kehidupan masyarakat termasuk dalam bidang pemerintahan. Melalui situs Pemerintah Kabupaten Malang yang telah diluncurkan pada tahun 2002, Pemerintah Kabupaten Malang berusaha memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya. Situs Pemerintah Kabupaten Malang tergolong situs yang dinamis, maksudnya situs tersebut selalu mengalami perubahan setiap harinya. Melalui Bagian Pengelola Data Elektronik Kabupaten Malang, situs tersebut selalu di- update sesuai dengan peristiwa terbaru. Teori-teori yang dipergunakan dalam skripsi ini antara lain Electronic Government , Pelayanan Publik, dan Pemanfaatan Electronic Government dalam Pelayanan Publik. Electronic government mengarah pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah (seperti wilayah jaringan luas, internet, dan komputer) yang memiliki kemampuan untuk berhubungan dengan masyarakat, kalangan bisnis, dan bidang-bidang lain pemerintahan. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah Kabupaten Malang. Fokus penelitiannya : ruang lingkup yang disediakan oleh situs Pemerintah Kabupaten Malang, penyediaan informasi untuk pelayanan publik di bidang pemerintahan, pemanfaatan masyarakat terhadap informasi meliputi pemanfaatan situs dan pelayanan informas dalam situs, dan kendala-kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Malang dalam memberikan pelayanan informasi kepada publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Malang telah mengetahui kebeadaan situs Pemerintah Kabupaten Malang dan sebagian besar dari masyarakat Kabupaten Malang telah memanfaatkannya. Pemanfaatan masyarakat terhadap situs Pemerintah Kabupaten Malang dapat diketahui melalui jumlah penelitian yang dilakukan di Bagian Pengelola Data Elektronik Kabupaten Malang. Selain itu, pemanfaatan masyarakat terhadap situs Pemerintah Kabupaten Malang dapat diketahui pula melalui jumlah surat yang telah masuk dalam layanan Surat Warga. Kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Malang dalam memberikan pelayanan di bidang informasi antara lain data sulit diperoleh karena kurangnya koordinasi antar instansi dalam Pemerintah Kabupaten Malang. Selain itu surat balasan atas surat-surat yang masuk melalui layanan Surat Warga terlalu lama. Hal itu karena adanya prosedur yang harus dilakukan serta kurangnya kesadaran dari masing-masing instansi akan pentingnya surat balasan tersebut. Akibatnya, kiriman faks datang ke instansi yang bersangkutan karena terlambatnya surat balasan dalam layanan Surat Warga. Untuk mengatasi kendala tersebut, Pemerintah Kabupaten Malang telah melakukan diklat tentang kinerja operator masing-masing unit serta evaluasi terhadap kinerja operator masing-masing unit.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2006/11/050603442 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 22 Nov 2008 09:23 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 10:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113024 |
Preview |
Text
050603442.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |