Kinerja Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Dalam Pelyanan Publik (Suatu Studi Tentang Pelayanan Satu Atap Pada Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Jombang),

FentiRizkiH (2009) Kinerja Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Dalam Pelyanan Publik (Suatu Studi Tentang Pelayanan Satu Atap Pada Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Jombang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahiu kinerja dan tingkat pelayanan publik pada Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Jombang yang pada akhirnya diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pihak-pihak yang membutuhkan. Penelitian ini juga didasarkan atas banyaknya keluhan yang ditujukan kepada pihak birokrat atas pemberian pelayanan kepada masyarakat yang dianggap kurang professional, seperti adanya prosedur yang masih berbelit-belit dan cenderung menyulitkan pengguna jasa, biaya yang tinggi dan ditemukannya pungutan liar, kurang adanya kepastian waktu penyelesaian pelayanan dan keluhan terhadap keramahan petugas pemberi pelayanan serta kurangnya fasilitas yang ditawarkan dalam menunjang pelayanan. Guna mengetahui kinerja dan tingkat pelayanan publik Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Jombang, digunakan beberapa konsep antara lain konsep pemerintahan daerah sebagai sarana pelaksanaan pemerintahan di daerah, konsep pelayanan publik, serta konsep kinerja organisasi publik yang mencakup indikator kinerja, pengukuran kinerja, serta faktorfaktor yang mempengaruhi kinerja. Penelitian ini disusun menggunakan pendekatan kualitatif dengan penjabaran secara deskriptif. Data-data yang dibutuhkan diperoleh melalui wawancara dengan pihak Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Jombang dan Wajib Pajak, serta melalui poling kepada Wajib Pajak. Fokus pada penelitian ini adalah kinerja Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Jombang dan tingkat pelayanan publik Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Jombang. Kinerja Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Jombang meliputi tingkat kemampuan aparat dalam memberikan pelayanan, proses pelayanan, serta sarana dan prasarana pelayanan. Sedangkan tingkat pelayanan publik pada Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Jombang mencakup kecepatan proses pelayanan, kewajaran biaya, kesesuaian standar biaya dengan biaya yang dikeluarkan pengguna jasa, teknologi yang digunakan, serta keamanan pelayanan. Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Pendapatan Daerah Tingkat I Propinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Jombang dengan situs Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Jombang telah melaksanakan perbaikan di berbagai bidang khususnya dalam bidang pemberian pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara No.25 Tahun 2004 tentang standar kinerja pelayanan publik, namun hal tersebut tidak serta merta memberikan kepuasan bagi masyarakat. Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Jombang telah melaksanakan perbaikan yang cukup pesat khusunya di bidang pelayanan kepada masyarakat yang mencakup tingkat kemampuan aparat yang tinggi dalam memberikan pelayanan, proses pelayanan dengan alur yang sederhana, sarana dan prasarana pelayanan, penggunaan teknologi canggih , serta kedisiplinan dan keramahan petugas dalam memberikan pelayanan. Perbaikan tersebut juga mencakup alur pelayanan yang sederhana. Namun disisi lain, Wajib Pajak masih mengeluhkan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan pelayanan pada Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Jombang. Penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Jombang telah melaksanakan perbaikan di berbagai bidang khususnya bidang kinerja petugas dan pelayanan kepada masyarakat, yang meliputi kemampuan dan kedisiplinan yang tinggi petugas pemberi layanan, alur pelayanan yang sederhana, terjaminnya kemanan masyarakat selama proses pelayanan, penggunaan teknologi canggih dalam proses pelayanan, keramahan dan kesopanan petugas, kesesuaian standar biaya dengan biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat, serta tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan pelayanan. Namun di sisi lain masyarakat masih mengeluhkan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan jenis layanan tertentu. Hal tersebut menyebabkan kurangnya kepuasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan sehingga masyarakat memberikan penilaian yang hanya “ cukup baik” kepada kinerja Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Jombang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2000/238/050902040
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Aug 2009 13:23
Last Modified: 22 Oct 2021 10:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113017
[thumbnail of 050902040.pdf]
Preview
Text
050902040.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item