Efektivitas Penerapan Pasal 44 Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum (Studi Di Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tulungagung Dan Kawasan

Susziantoro, Enggar (2017) Efektivitas Penerapan Pasal 44 Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum (Studi Di Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tulungagung Dan Kawasan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektif pelaksanaan penerapan Pasal 44 Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 7 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum. Dalam pasal 44 tersebut mengatur tentang pelarangan kegiatan asusila di dalam suatu bangunan. Kawasan Warung Kopi (KWK) Brantas adalah kawasan alih fungsi dari prostitusi Kawasan Wajib Kondom (KWK). Pengalihfungsian tersebut dilaksanakan pada tahun 2012 yang bertujuan menegakkan Pasal 44 Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 7 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Keputusan Gubernur Jatim Nomor 460/031/2011 tentang Penutupan Lokalisasi. Namun setahun setelah penutupan mulai muncul kembali kegiatan asusila yang dilakukan di dalam bangunan karaoke di Kawasan Warung Kopi Brantas tersebut. Berdasarkan hal tersebut, skripsi ini mengangkat tiga rumusan masalah yaitu Apakah efektif penerapan Pasal 44 Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum, Apa faktor penghambat dalam penerapan Pasal 44 Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum, Bagaimana solusi yang dapat diberikan agar penerapan Pasal 44 Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum bisa lebih efektif. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian empiris dengan metode penelitian Yuridis Sosiologis yang dilakukan dengan cara penelitian langsung untuk memperoleh data tingkat keefektifitasan pelaksanaan penerapan Pasal 44 Peraturan Derah Kabupaten Tulungagung Nomor 7 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum. Metode pengambilan data dilakukan dengan cara studi di lapangan dengan melakukan wawancara kepada aparat SATPPOL PP Kabupaten Tulungagung, Kepala Desa Kaliwungu, pengurus, penghuni dan pengunjung “Kawasan Warung Kopi” (KWK) di Desa Kaliwungu Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Analisis data yang digunakan oleh penulis menggunakan metode interaktif yang mengklasifikasikan analisis data dalam tiga langkah, yaitu : a. Reduksi data, b. Penyajian data, c. Penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat diketahui bahwa pelaksanaan penerapan Pasal 44 Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 7 Tahun xii 2014 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum belum berjalan efektif karena terhambat oleh beberapa faktor seperti minimnya pengetahuan tentang peraturan yang melarang tentang kegiatan asusila, persepsi para penghuni Kawasan Warung Kopi Brantas yang kurang mendapatkan penghasilan jika hanya mengandalkan pekerjaan sebagai pemandu karaoke, serta sudah membudayanya kegiatan asusila di kawasan tersebut karena sudah berlangsung sejak tahun 1972.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2017/6/051702113
Subjects: 300 Social sciences > 348 Laws, regulations, cases > 348.598 Laws, regulations, cases (Indonesia)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Mar 2017 09:00
Last Modified: 22 Oct 2021 10:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112965
[thumbnail of finali_2.pdf]
Preview
Text
finali_2.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item