Penerapan Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Udara Nomor Kp 12 Tahun 2015 Atas Pemungutan Passenger Service Charge On Ticket Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Bandara. (Studi Di Pt. Angkasa

Amalia, Rosyidah (2017) Penerapan Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Udara Nomor Kp 12 Tahun 2015 Atas Pemungutan Passenger Service Charge On Ticket Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Bandara. (Studi Di Pt. Angkasa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan yang diangkat oleh penulis dalam penelitian skripsi ini adalah terkait ketidaksesuaian penerapan antara norma yang diatur dalam peraturan terkait pemungutan passenger service charge on ticket dengan pelaksanaan peraturan tersebut. Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Udara Nomor KP 12 Tahun 2015 tentang Pembayaran Passenger Service Charge (PSC) Disatukan Dengan Tiket Penumpang Pesawat Udara merupakan peraturan pengganti pelaksana sebelumnya yang dalam pemungutannya passenger service charge diambil melalui loket loket yang ada di tiap bandara, dengan harapan adanya metode baru tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan pada tiap bandara di Indonesia. Namun dalam kenyataannya, metode kebijakan tersebut tidak berdampak signifikan pada peningkatan kualitas pelayanan bandara yang dirasakan oleh masyarakat calon penumpang pesawat udara. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Udara Nomor KP.12 Tahun 2015 yang telah disusun menjadi Petunjuk Pelaksanaan Pemungutan Passenger Service Charge ke dalam Tiket Penumpang Pesawat Udara di PT. Angkasa Pura 1 Juanda Surabaya? (2) Apakah dalam penerapannya kebijakan tersebut dapat berpengaruh pada peningkatan kualitas pelayanan Bandar Udara Juanda-Surabaya? Penulis menggunakan jenis penelitian hukum empiris. Metode pendekatan yang digunakan penulis adalah yuridis sosiologis dimana cara yang digunakan oleh penulis adalah dengan mengkaji dan membahas permasalahan yang diperoleh sesuai fakta dilapangan untuk kemudian dikaitkan dengan norma-norma hukum yang berlaku dan teori-teori yang ada. Jenis dan Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik Memperoleh Data yang digunakan adalah wawancara/interview,kuisioner, Studi Dokumen, Penelusuran Internet, Teknik analisis data bersifat deskriptif analisis. Hasil penelitian penulis menyebutkan metode kebijakan baru menggabungkan passenger service charge dengan tiket penumpang pesawat udara tidak berdampak signifikan terhadap peningkatan kualitas pelayanan bandara. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tidak maksimalnya pelayanan di bandara Juanda- Surabaya antara lain masih terdapat poin antrian cukup panjang yang menyebabkan calon penumpang merasakan tidak nyaman karena sarana yang tidak disesuaikan dengan jumlah penumpang, sistem online yang sering down dalam input data penumpang, dan kurangnya peremajaan fasilitas-fasilitas yang ada di bandara juga menyebabkan penumpang merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak pengelola bandara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2017/37/05173269
Subjects: 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.09 Control of public utilities > 343.097 Air transportation and space transportation > 343.097 8 Air transportation services
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 18 Apr 2017 10:00
Last Modified: 22 Oct 2021 10:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112940
[thumbnail of ROSYIDAH_AMALIA_135010107111069.pdf]
Preview
Text
ROSYIDAH_AMALIA_135010107111069.pdf

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of ROSYIDAH_AMALIA_RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
ROSYIDAH_AMALIA_RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item