Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengendalian Pemerintah Terhadap Beroperasinya Sepeda Motor Sebagai Angkutan Penumpang Umum Di Kota Malang (Studi Di Dinas Perhubungan Kota Malang)

DSihombing, Cicilya (2017) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengendalian Pemerintah Terhadap Beroperasinya Sepeda Motor Sebagai Angkutan Penumpang Umum Di Kota Malang (Studi Di Dinas Perhubungan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pengendalian pemerintah terhadap beroperasinya sepeda motor sebagai angkutan penumpang umum. Pilihan tema tersebut dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya kendaran sepeda motor yang digunakan sebagai angkutan penumpang umum khususnya di Kota Malang, namun berdasarkan peraturan yang ada sepeda motor bukanlah klasifikasi kendaraan untuk angkutan umum. Dalam Bab X pasal 137 ayat (2) UULLAJ jo Pasal 3 ayat (2) PP Nomor 74 Tahun 2014 menyatakan bahwa pengangkutan orang dan/atau barang dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan bermotor seperti sepeda motor, mobil penumpang, mobil barang dan mobil bus. Akan tetapi dalam bab yang sama pada pasal 138 ayat (3) UULLAJ menyebutkan bahwa Angkutan umum orang dan/atau barang hanya dilakukan dengan kendaraan bermotor umum. Yang termasuk dalam klasifikasi kendaraan bermotor umum adalah mobil penumpang dan mobil bus. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana pengendalian yang dilakukan pemerintah terhadap beroperasinya sepeda motor sebagai angkutan penumpang umum di Kota Malang? (2) Faktor-faktor apa saja yang menghambat pengendalian pemerintah terhadap beroperasinya sepeda motor sebagai angkutan penumpang umum di Kota Malang sebagaimana dimaksudkan dalam pasal 5 UULLAJ? (3) Bagaimana solusi Pemerintah terhadap beroperasinya sepeda motor sebagai angkutan penumpang umum di Kota Malang? Jenis penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis, yang mengkonsepkan hukum sebagai gejala yang dapat diamati dalam kenyataannya hukum itu dilaksanakan/dijalankan. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan responden, sedangkan data sekunder diperoleh dari penalaahan kepustakaan serta bahan yang berhubungan dengan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis. Dari hasil penelitian yang dilakukan, penulis memperoleh jawaban bahwa pemerintah Kota Malang belum melakukan pengendalian terhadap beroperasinya sepeda motor sebagai angkutan penumpang umum. Hal ini dipengaruhi oleh faktor internal yaitu sulit melakukan pengendalian, kurangnya koordinasi dengan instansi terkait, sarana atau fasilitas yang kurang, serta belum adanya aturan khusus. Faktor eksternalnya yaitu sebagai sumber mata pencaharian masyarakat, kebutuhan masyarakat akan angkutan, kesadaran masyarakat, serta kebudayaan masyarakat. solusi terhadap beroperasinya sepeda motor sebagai angkutan penumpang umum yaitu dengan melakukan penyuluhan atau bimbingan terhadap pengemudi ojek maupun Go-Jek, meningkatkan kualitas jenis angkutan mobil penumpang, menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2017/35/05173242
Subjects: 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.09 Control of public utilities > 343.094 Road transportation
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 12 Apr 2017 13:26
Last Modified: 22 Oct 2021 10:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112938
[thumbnail of pdf_skripsi.pdf]
Preview
Text
pdf_skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item