Implementasi Pasal 52 Huruf A Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terkait Penyelesaian Sengketa Konsumen Melalui Mediasi (Studi Di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota

Ernanda, Dita (2017) Implementasi Pasal 52 Huruf A Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terkait Penyelesaian Sengketa Konsumen Melalui Mediasi (Studi Di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan terkait implementasi Pasal 52 huruf a Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terkait penyelesaian sengketa konsumen melalui mediasi. Pilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh adanya kendala yang dialami oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Malang dalam menyelesaikan sengketa konsumen melalui mediasi yang berakibat pada tidak tercapainya keputusan untuk para pihak yang bersengketa atau dengan kata lain mediasi yang dilakukan tidak membuahkan hasil. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah : (1) Bagaimana implementasi Pasal 52 huruf a Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terkait penyelesaian sengketa konsumen melalui mediasi yang dilakukan oleh BPSK Kota Malang? (2) Apa yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penyelesaian sengketa konsumen dengan cara mediasi yang dilakukan oleh BPSK Kota Malang? (3) Apa upaya BPSK Kota Malang untuk mengatasi faktor penghambat yang dihadapi dalam penyelesaian sengketa konsumen dengan cara mediasi? Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan metode yuridis empiris dengan metode yuridis sosiologis. Jenis data dalam penulisan ini ialah data primer, sekunder dan bahan hukum yang diperoleh penulis akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kemudian data sekunder yang didapatkan di analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Jika dari semua data-data sudah diperoleh maka dibuat suatu kesimpulan sehingga hal ini menjadikan data satu dengan data yang lainnya bersifat saling melengkapi dan tidak mengurangi esensi satu sama lain. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa BPSK Kota Malang sudah melaksanakan penyelesaian sengketa konsumen melalui mediasi sesuai dengan ketentuan pasal 52 huruf a Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Keputusan Menteri Perindustriaan dan Perdagangan Nomor 350/MPP/KEP/12/2001 tentang Pelaksanaan Tugas dan Wewenang BPSK. Adapun hambatan yang di alami oleh BPSK Kota Malang dalam melaksanakan penyelesaian sengketa konsumen melalui mediasi yaitu konsumen dan pelaku usaha yang menyelesaikan sengketa di BPSK Kota Malang tidak kooperatif dan tidak memenuhi komitmennya selama menjalani proses mediasi di BPSK, hal tersebut mengakibatkan mediasi yang dilakukan oleh BPSK Kota Malang menjadi tidak efektif dan tidak maksimal karena keputusan yang dihasilkan dari penyelesaian sengketa melalui mediasi seluruhnya diserahkan kepada para pihak yang bersengketa. Meskipun terdapat beberapa hambatan, BPSK Kota Malang telah melakukan berbagai upaya agar mediasi yang dilakukan dapat berjalan dengan efektif dan para pihak yaitu konsumen dan pelaku usaha dapat mencapai kesepakatan yang adil untuk para pihak yang bersengketa yaitu konsumen dan pelaku usaha.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2017/2/051701759
Subjects: 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.07 Regulation of economic activity > 343.071 Consumer protection
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 16 Feb 2017 09:15
Last Modified: 22 Oct 2021 09:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112921
[thumbnail of 1._COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1._COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._KATA_PENGANTAR_DAFTAR_ISI_DAN_DAFTAR_LAIN2.PDF]
Preview
Other
4._KATA_PENGANTAR_DAFTAR_ISI_DAN_DAFTAR_LAIN2.PDF

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._HALAMAN_PENGESAHAN.PDF]
Preview
Other
3._HALAMAN_PENGESAHAN.PDF

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_I_WISUDA.pdf]
Preview
Text
5._BAB_I_WISUDA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_II_WISUDA.pdf]
Preview
Text
6._BAB_II_WISUDA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._HALAMAN_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2._HALAMAN_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_III_WISUDA.pdf]
Preview
Text
7._BAB_III_WISUDA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_V_WISUDA.pdf]
Preview
Text
9._BAB_V_WISUDA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_IV_WISUDA.pdf]
Preview
Text
8._BAB_IV_WISUDA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
10._DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
11._LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER_JURNAL.pdf]
Preview
Text
COVER_JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL_WISUDA.pdf]
Preview
Text
JURNAL_WISUDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item