Pertimbangan Yuridis Bank Dalam Menentukan Cara Penanganan Kredit Bermasalah Dengan Agunan Hak Tanggungan (Studi Di Bank Danamon Cabang Pasar Berbek Kabupaten Nganjuk)

AvinYuwantono, Ryu (2017) Pertimbangan Yuridis Bank Dalam Menentukan Cara Penanganan Kredit Bermasalah Dengan Agunan Hak Tanggungan (Studi Di Bank Danamon Cabang Pasar Berbek Kabupaten Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya penyelesaian kredit bermasalah oleh bank Danamon terhadap nasabah yang mengalami kredit bermasalah. Penyelesaian kredit bermasalah tersebut terbagi menjadi 2 (dua) yaitu penanganan kredit bermasalah dan penyelesaian kredit yang sudah sampai pada tahap macet. Penanganan kredit bermasalah berupa penyelamatan kredit tidak diberikan kepada nasabah yang mengalami kredit bermasalah di tahun pertama kredit. Pada tahap penyelesaian kredit macet, tidak terdapat cara win win sollution atas (eksekusi jaminan melalui penjualan dibawah tangan). Nasabah sebagai pemilik jaminan telah merasa dirugikan karena eksekusi lelang yang dilakukan oleh bank Danamon terjual rendah dari harga pasaran secara umum, yaitu sebesar Rp.96.050.000,-. Permasalahan yang diangkat adalah faktor-faktor yang menjadi kendala pelaksanaan perlindungan hukum terhadap nasabah debitur atas penanganan kredit bermasalah di Bank Danamon cabang pasar berbek kabupaten Nganjuk, dan upaya yang dilakukan bank untuk mengatasi kendala dalam perlindungan hukum terhadap nasabah atas penyelesaian kredit bermasalah di bank Danamon. Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis. Lokasi penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah di bank Danamon Simpan Pinjam cabang pasar Berbek Kabupaten Nganjuk, dengan teknik purposive sample yang akan digunakan adalah Bagian Kredit Bank Danamon Pasar Berbek Kabupaten Nganjuk dan nasabah yang mengalami kredit macet yang didalam skripsi ini di inisialkan Nanik. Data Primer dan sekunder yang diperoleh akan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dengan metode tersebut penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa faktor-faktor yang menjadi kendala pelaksanaan perlindungan hukum terhadap nasabah debitur atas penanganan kredit bermasalah di bank Danamon adalah tidak adanya itikad baik nasabah dalam menjalin komunikasi dengan baik kepada bank untuk menyelesaikan permasalahan kredit secara win win Sollution, sehingga bank Danamon mengalami kesulitan dalam memberikan pemberitahuan bahwa terdapat perlindungan dengan cara penjualan jaminan secara dibawah tangan. Upaya yang dilakukan bank untuk mengatasi kendala dalam perlindungan hukum terhadap nasabah atas penyelesaian kredit bermasalah di bank Danamon adalah menghentikan fasilitas kredit sesuai perjanjian dan meng eksekusi jaminan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/380/051703686
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.07 Commercial law > 346.073 Loan
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 24 May 2017 09:02
Last Modified: 22 Oct 2021 05:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112804
[thumbnail of 051703686_SEKRIPSI_(Ryu_Avin_Yuwantono).pdf]
Preview
Text
051703686_SEKRIPSI_(Ryu_Avin_Yuwantono).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item