Implementasi Pasal 41 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Terhadap Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungki

Hanafi, NurMuhammad (2017) Implementasi Pasal 41 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Terhadap Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungki. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan mengenai Implementasi Pasal 41 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Terhadap Pengelolaan Keuangan Desa (Studi di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul). Pemilihan tema tersebut dilatar belakangi karena tindak pidana korupsi yang semakin meluas sehingga dibutuhkan peran aktif dari masyarakat khususnya desa untuk ikut berpartisipasi dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi. Berdasarkan hal tersebut, penulis mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana Implementasi Pasal 41 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidan korupsi Terhadap Pengelolaan Keuangan Desa di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul? (2) Apa Kendala Yang Dihadapi Masyarakat dan Penegak Hukum Terkait Implementasi Pasal 41 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Terhadap Pengelolaan Keuangan Desa di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul?. Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan metode yuridis sosiologis dengan pendekatan undang-undang dan fakta-fakta yang ditemukan dilapangan. Bahan hukum primer, sekunder da tersier yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum optimalnya implementasi pasal 41 yakni peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan desa.Kendala yang dihadapi ialah kurangnya sosialisasi kepada masayarakat, kurangnya kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi aktif terlibat dalam pemerintahan dan kurangnya pengetahuan hukum serta budaya yang masih melekat didalam masyarakat.Upaya yang dilakukan yakni mengadakan sosialisasi pada masyarakat, melibatkan masyarakatdalam pemerintahan serta meningkatan pengetahuan masyarakat terkait pentingnya peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/370/051702642
Subjects: 300 Social sciences > 345 Criminal law > 345.02 Criminal offenses > 345.023 23 Specific crimes and classes of crime (Corruption)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 09 Mar 2017 11:35
Last Modified: 22 Oct 2021 05:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112792
[thumbnail of Nur_Muhammad_Hanafi_.pdf]
Preview
Text
Nur_Muhammad_Hanafi_.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item