Isolasi Dan Identifikasi Bakteri Penghasil Enzim Gelatinase Dari Sedimen Pantai Panggungrejo Kabupaten Pasuruan

Al Fikri, Adeyan (2018) Isolasi Dan Identifikasi Bakteri Penghasil Enzim Gelatinase Dari Sedimen Pantai Panggungrejo Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gelatinase merupakan senyawa sejenis Matriks Metapolroteinase (MMP). Gelatinase dapat berfungsi untuk menghidrolisis dan mendenaturasi protein (gelatin atau kolagen menjadi senyawa lebih sederhana), sehingga dapat diaplikasikan pada bidang medis sebagai pendeteksi dini adanya cedera ginjal akut dan pada bidang pangan sebagai hidrolisat gelatin. Pada penelitian terbaru terdapat bakteri gelatinolitik yang hidup pada sedimen pesisir pantai dan dapat menghasilkan enzim gelatinase. Pada penelitian ini menggunakan sedimen pantai Panggungrejo yang belokasi dekat dengan pelabuhan, hal ini dapat memberikan nilai tambah terhadap keberagaman mikroorganisme yang dapat hidup pada daerah tersebut. Semakin tingginya bahan organik yang terkandung dalam sedimen akan berbanding lurus dengan dengan jumlah populasi dan keberagaman bakteri dalam sedimen pesisir. Sehingga, perlu dilakukan isolasi dan identifikasi bakteri penghasil enzim gelatinase dari sedimen pantai Panggungrejo Kabupaten Pasuruan dengan menggunakan teknik molekuler 16S rDNA. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya bakteri yang berpotensi sebagai penghasil enzim gelatinase dan untuk mengetahui identitas bakteri penghasil gelatinase. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksploratif deskriptif yang dilakukan dalam dua tahapan. Pada tahapan pertama yaitu skrining bakteri penghasil enzim gelatinase yang diambil dari sedimen pesisir pantai. Tahap kedua yakni identifikasi bakteri secara molekuler berdasarkan sekuen 16S rDNA serta analisa hubungan kekerabatan dengan pohon filogenik dan konfirmasi pewarnaan gram untuk morfologi bakteri. Hasil pada penelitian didapatkan 1 isolat bakteri (PSR IV) yang dapat menghasilkan enzim gelatinase dari empat sampel isolat (PSRI, PSR II, PSR III, PSR IV). Berdasarkan hasil uji identifikasi molekuler 16S rDNA menunjukkan isolat bakteri tersebut memiliki hasil tingkat kesamaan gen sebesar 99% dengan bakteri Proteus penneri galur wf-1. Hasil tingkat kesamaan gen yang hanya 99% menunjukkan bahwa isolat bakteri tersebut memiliki hubungan kekrabatan genus dan spesies tetapi berbeda jenis strain/ galurnya dan dapat dikatakan sebagai bakteri Proteus penneri galur baru dan diberikan penamaan baru berupa Proteus penneri strain UB-AFF. Lalu dari hasil pengamatan pohon filogenik, isolat bakteri tersebut memiliki kekerabatan dengan bakteri Proteus Penneri strain A254 dengan nilai boostrap 85%. Dan hasil dari uji pewarnaan gram bahwa bakteri Proteus penneri tersebut merupakan bakteri gram negatif dengan bentuk sel basil (batang). Adapun saran yang perlu dilakukan untuk penelitian selanjutnya adalah perlunya dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pertumbuhan bakteri Proteus penneri galur UB-AAF guna mendapatkan hasil produksi enzim gelatinase yang optimal dari isolat bakteri yang didapatkan pada sedimen pantai Panggungrejo Pasuruan tersebut.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/120/051803893
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 579 Natural history of microorganisms, fungi, algae > 579.3 Prokaryotes
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 31 May 2018 03:00
Last Modified: 07 Dec 2021 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11275
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (272kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item