Kontribusi Scientific Crime Investigation (Penyidikan Berbasis Ilmiah) Sebagai Upaya Penguatan Alat Bukti Dalam Proses Penanganan Perkara Pidana

Setiana, Radhingga Dwi (2016) Kontribusi Scientific Crime Investigation (Penyidikan Berbasis Ilmiah) Sebagai Upaya Penguatan Alat Bukti Dalam Proses Penanganan Perkara Pidana. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aktivitas di bidang hukum sangat erat kaitannya dengan pembuktian. Begitu juga yang dilakukan melalui proses peradilan pidana. Membuktikan dilakukan untuk mencari kebenaran materiil atas suatu tindak pidana, sehingga orang yang bersalah akan dijerat sesuai tingkat tindak pidananya tersebut. Scientific crime investigation atau penyidikan berbasis ilmiah yang diterapkan sebagai terobosan dalam proses peradilan pidana, dalam pengaturan dan praktiknya masih terdapat beberapa permasalahan. Di antaranya yaitu masih belum diatur secara rapi dalam hukum acara pidana, sehingga menyebabkan proses peradilan yang masih jauh dari adanya prinsip fair trial, seperti ketidakjelasan prosedur karena pengaturan yang tidak terkodifikasi, ketidakadilan pihak yang dapat mengakses penyidikan ilmiah tersebut, serta adanya ketidakbakuan metode sehingga berimplikasi pada ketidakpastian hasil dari pemeriksaan ilmiah ini sebagai alat bukti. Padahal apabila mengingat capaian selama ini, scientific crime investigation ini telah menjadi alat yang ampuh dalam pembuktian apabila tidak dapat ditemukan saksi dan sulitnya menemukan tersangka melalui kontribusinya yang dapat mentransformasikan barang bukti yang semula hanya diam dan berfungsi sebagai bukti demonstratif dalam pembuktian menjadi alat bukt keterangan ahli, surat, dan petunjuk yang tentunya memiliki kekuatan pembuktian. Berdasarkan hal tersebut penulis melakukan penelitian dengan judul Kontribusi Scientific Crime Investigation (Penyidikan Berbasis Ilmiah) Sebagai Upaya Penguatan Alat Bukti dalam Proses Penanganan Perkara Pidana. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kontribusi scientific crime investigation (penyidikan berbasis ilmiah) dalam proses penanganan perkara pidana; serta untuk mendeskripsikan dan menganalisis alasan scientific crime investigation dapat digunakan sebagai upaya penguatan alat bukti. Dengan melakukan penelitian berjenis yuridis normatif dan pendekatan penelitian melalui pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konsep, penelitian ini menghasilkan dua buah hasil dan pembahasan. Yaitu yang pertama adalah berkaitan dengan kontribusi scientific crime investigation dalam proses penanganan perkara pidana, yang mana dalam pembahasan ini dibagi ke dalam tiga hal pembahasan yaitu mengenai keterkaitan antara scientific crime investigation dengan alat bukti; bentuk-bentuk scientific crime investigation; serta kekuatan pembuktian hasil scientific crime investigation. Sementara yang kedua adalah berkaitan dengan pertimbangan yuridis scientific crime investigation sebagai konstruksi penguatan alat bukti dalam pembuktian, yang kemudian dibagi ke dalam dua hal pembahasan yaitu mengenai kekaburan norma scientific crime investigation serta konsep ideal yang dapat memperkuat kontribusinya bagi proses pembuktian perkara pidana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/313/051612050
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 25 Nov 2016 10:15
Last Modified: 20 May 2022 01:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112732
[thumbnail of COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI_(Autosaved).pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI_(Autosaved).pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of CV_Radhingga_Dwi_Setiana.pdf]
Preview
Text
CV_Radhingga_Dwi_Setiana.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item