Penerapan Pasal 17 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik Dan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Elektronik Me

Yusuf,RulianiAidaR (2015) Penerapan Pasal 17 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik Dan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Elektronik Me. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya perkembangan internet yang mengakibatkan penjualan barang secara online mulai dilakukan oleh masyarakat yang sering disebut dengan transaksi elektronik. Sifat transaksi elektronik salah satunya adalah konsumen dan pelaku usaha tidak saling bertemu seperti transaksi belanja biasanya dan juga konsumen tidak dapat melihat dan meraba barang secara langsung. Hal ini membuat banyak konsumen tidak terpenuhi haknya karena pelaku usaha memanfaatkan peluang ini untuk melakukan hal yang tidak seharusnya. Undang-undang terkait ialah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum bagi konsumen dan untuk mengetahui penerapan dari undang-undang terkait dalam transaksi elektronik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah yuridis empiris yaitu penelitian yang difokuskan pada suatu aturan hukum atau peraturan yang kemudian dihubungkan dengan kenyataan pada lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Urgensi penelitian ini adalah agar hak para konsumen dapat di prioritaskan dan pelaku usaha tidak semena-mena terhadap konsumennya.

English Abstract

This research was done because of the development of the internet which led to the sale of goods online began by the community often called with electronic transaction. The nature of electronic transaction one is not consumers and meet each other as business doers usually expenditure transactions could not see and also consumer goods directly and touched. This makes many consumers are not fulfilled their rights because of business players use this opportunity to do things that should not. The act of related to the act of number 11 year 2008 on information and electronic transaction and the act number 8 year 1999 about consumer protection The purpose of this research is to know the form of legal protection for consumers and to know the application of laws related in electronic transaction. The writer does of juridicial empirical, the research focused on the legal rules and regulations and the connected with the local court. Author use the judicial sociology.. The urgency of this research is so that the consumers rights can be in the prioritizing and business players without cause against its consumer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/58/ 051502681
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 07 Apr 2015 15:22
Last Modified: 07 Apr 2015 15:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112446
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item