Legalitas Akibat Penggunaan Pesawat Tanpa Awak (Drone) Sebagai Senjata Dalam Konflik Bersenjata Menurut Hukum Humaniter Internasional

Andriawan, Mochammad Chandra (2015) Legalitas Akibat Penggunaan Pesawat Tanpa Awak (Drone) Sebagai Senjata Dalam Konflik Bersenjata Menurut Hukum Humaniter Internasional. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisa bagaimana akibat serta implikasi hukum dari penggunaan pesawat tanpa awak dalam konflik bersenjata, serta apakah sudah diperlukan aturan khusus yang mengatur tentang penggunaan pesawat tanpa awak. Dalam penulisan ini penulis menggunakan contoh adalah kasus peggunaan drone oleh Amerika Serikat di pakistan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan atau library research yang dimana kemudian data yang diperoleh dianilis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menurut penulis adalah bahwa penggunaan drone oleh Amerika Serikat di Pakistan telah mengakibatkan ratusan bahkan ribuan nyawa dari warga sipil serta mengakibatkan kerusakan yang tidak perlu baik dari segi materiil maupun formil. Selain itu legalitas dari penggunaan drone juga masih dipertanyakan karena memang sampai sekarang beum ada aturan baku yang mengikat secara pasti. Dalam penelitian ini penulis menyarankan agar bahwa pembuatan aturan tentang drone harus segera dilaksankan, hal ini guna untuk mencegah pelanggaran dalam hukum Humaniter Internasional serta untuk melindungi keamanan warga sipil agar jangan sampai menderita atau mengalami kerugian yang disebabkan oleh drone.

English Abstract

This study analyzed how the result as well as the law implications of the use of drones in armed conflict, whether or not it is necessary to create specific rules regulating the use of drones. In this paper the researcher made the used of drones by United States in Pakistan as the sample. The data collection method used in this research is the library research method which then the data obtained analyzed qualitatively. The results of this research, according to the researcher, is the use of drones by the United States in Pakistant causing loss of lives of hundreds and even thousands civilians and causing unnecessary damage in both materials or formal. Besides, the legality of the use of drones is still questionable because up to now there are no binding regulations for certain. In this research the researcher suggested that the government should immediately create the rules on drones to prevent lawlessness of the International Humanitarian Law as well as to protect the safety of the civilians so they do not have to suffer or experience losses due to drones.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/353/ 051603516
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 25 Apr 2016 11:59
Last Modified: 13 May 2022 01:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112393
[thumbnail of MOCHAMMAD CHANDRA ANDRIAWAN.pdf]
Preview
Text
MOCHAMMAD CHANDRA ANDRIAWAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item