Dasar Pertimbangan Hakim Dalam Mengabulkan Permohonan Kasasi Pada Putusan Bebas. (Studi Putusan Mahkamah Agung No. 2263 K/Pid.Sus/2011)

Simanjutak, Raja Okto (2015) Dasar Pertimbangan Hakim Dalam Mengabulkan Permohonan Kasasi Pada Putusan Bebas. (Studi Putusan Mahkamah Agung No. 2263 K/Pid.Sus/2011). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan kasasi pada putusan bebas dalam hukum pidana, pilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh adanya pertentangan bagaimanakah sebuah putusan kasasi tersebut dapat dimintakan kasasi sedangkan kasasi pada putusan bebas tersebut berlawanan dengan pasal 244 di dalam KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana) sendiri. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah: 1 . Apa dasar pertimbangan hakim dalam mengabulkan permohonan kasasi pada putusan bebas? 2. Apa implikasi yuridis pertimbangan hakim dalam mengabulkan permohonan kasasi pada putusan bebas? Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan jenis penelitian Penelitian Yuridis-Normatif. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan undang-undang (Statuta Approach), Pendekatan perbandingan (Comparative Approach) Pendekatan undang-undang dengan pemahaman hieraki dan asas-asas dalam peraturan perundang-undangan, serta membandingxeut hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku masa kini dan hukum yang berlaku masa lalu atau pada tingkat hireaki peraturan perundang-undangan. Dari hasil penelitian dengan metode di atas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa kasasi yang dimohonkan pada putusan bebas tersebut merupakan sebuah yurispudensi yang dilakukan oleh hakim dan juga celah yang dilakukan oleh kejaksaan agar putusan bebas tersebut merupakan putusan yang adil namun yurispudensi tersebut berlawanan dan bertentangan dengan pasal 244 sendiri sehingga harus ada perubahan pada akhirnya tahun 2013 terdapat judicial review oleh MK terkait pasal 244 tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/345/051603509
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Aug 2016 15:47
Last Modified: 13 May 2022 01:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112385
[thumbnail of raja_okto_simanjuntak.PDF]
Preview
Other
raja_okto_simanjuntak.PDF

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item