Laporan Penelitian Kemasyarakatan Untuk Dasar Pertimbangan Hakim Dalam Sistem Peradilan Pidana Anak (Analisa Putusan Pengadilan Negeri Tulungagung No. 191/Pid.B/ 2010/ Pn.Ta Dan 200/ Pid.B/ 2011/ Pn.T

Alfian, Muhammad Noor (2015) Laporan Penelitian Kemasyarakatan Untuk Dasar Pertimbangan Hakim Dalam Sistem Peradilan Pidana Anak (Analisa Putusan Pengadilan Negeri Tulungagung No. 191/Pid.B/ 2010/ Pn.Ta Dan 200/ Pid.B/ 2011/ Pn.T. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada Skripsi ini, penulis mengangkat keberadaan laporan penelitian kemasyarakatan yang dirasa sangat penting dalam hal dijadikan menjadi dasar pertimbangan oleh hakim. Karena hakim dirasa dalam menjatuhkan putusannya haruslah mempertimbangkan faktor atau unsur non-yuridis sehingga keadilan akan dirasa oleh orang yang dijatuhi hukuman tersebut, atau oleh orang yang terkena imbas dari putusan tersebut. Keberadaan penelitian ini penulis bertujuan untuk membahas menganai masalah-masalah, yaitu : (1) Untuk mendiskripsikan, mengidentifikasi, dan menganalisis urgensi Laporan Penelitian Kemasyarakatan untuk dasar pertimbangan hakim dalam rangka Sistem Peradilan Pidana Anak. (2) Untuk mendiskripsikan, mengidentifikasi, dan menganalisis Pengaruh Laporan Penelitian Kemasyarakatan Dalam putusan nomor 191/Pid.B/2010/PN.Ta dan Putusan nomor 200/Pid.B/2011/PN.Ta guna menjatuhkan putusan pemidanaan terhadap anak. Penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Hasil dari penelitian yang telah dilkakukan bahwa urgensi laporan penelitian kemasyarakatan ini dapat memudahkan hakim dalam melakukan penjatuhan putusan, karena laporan penelitian kemasyarakatan ini menguak mengenai latar belakang anak, keluarga anak, pendidikan anak, serta faktor kenapa anak melakukan perbuatan tersebut. Sehingga hakim dapat dengan mudah menjatuhkan putusan yang sesuai dengan kemampuan anak. Kemudian pengaruh laporan penelitian kemasyarakatan terhadap putusan hakim Pengadilan Negeri Tulungagung no. 191/Pid.B/2010/PN.Ta dan 200/Pid.B/2011/PN.Ta adalah dalam putusan nomor 200/ Pid.B/ 2011/PN.Ta. hakim memutus lebih ringan walaupun perbuatan yang dilakukan anak tersebut dirasa cukup berat, mengingat pelaku masih memiliki keluarga, serta keluarganya dirasa mampu untuk mendidiknya kearah yang lebih baik. Mengenai sarannya dalam pengaturan UU mengenai SPPA harusnya kedepan lebih mengatur mengenai keberadaan laporan penelitian kemasyarakatan secara khusus. Karena dalam hal ini pengaturan mengenai laporan penelitian kemasyarakatan masih dirasa kurang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/342/051601135
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Mar 2016 11:24
Last Modified: 13 May 2022 01:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112381
[thumbnail of MUHAMMAD_NOOR_ALFIAN.PDF]
Preview
Other
MUHAMMAD_NOOR_ALFIAN.PDF

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item